Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru
Abstrak
Pendidikan merupakan proses pembentukan kepribadian peserta didik yang di dasari dengan nilai-nilai para pendidik yang telah diyakini kebenarannya. Proses pendidikan disekolah berjalan dengan baik tentunya memerlukan tenaga pendidik yang berkualitas, disiplin serta memiliki kepribadian yang baik untuk ditiru oleh peserta didik. Dan tenaga pendidik memerlukan bimbingan dari seorang pemimpin atau kepala sekolah dalam sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah SDN 2020221 Silnadit. Penelitian ini pula dilakukan dengan cara meneliti langsung ke lapangan dengan menemui kepala sekolah dan para stafnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam memimpin disekolah tersebut dapat dikategorikan baik
Referensi
Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah, B. U., Nina, L. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hasan,B. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Redaksi pustaka setia.
Kartono. (1994). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Mangkunegara. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Rivai, V. (2002). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2019). Metodologi Penelitian. Bandung. Alfabeta.
Syaiful, S. (2009). Kepemimpinan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Medan: Alfabeta.
Syamsu, D., Novianty.(2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Ideal Publishing.