Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Authors

  • Jumaita Nopriani Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1361

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, matematis, siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, yang terdiri dari 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Adapun persentase kemampuan siswa mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan mencapai 80,95% dalam kategori baik, persentase kemampuan siswa merumuskan masalah matematis atau menyusun model matematis 76,19% dalam kategori baik, persentase kemampuan siswa memilih dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan masalah 61,90% tergolong dalam kategori cukup baik

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Desisma, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 2

Meirza Nanda Faradita, Pengaruh Metode Pembelajaran Type Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1A.

Sumaryanta. 2015. Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. ISSN 2407-7925. Vol. 2 No.3.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Nopriani, J. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(1), 35-39. https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1361

Issue

Section

Artikel