Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Fisika Di SMA

Authors

  • Anisa Novita Barus Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan
  • Jantri Syah Putra Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Yuda Haridsya Aditia Universitas Jember
https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1146

Abstract

One model recommended for implementing the independent learning curriculum is
the problem-based learning model. Problem-based learning is a learning model that prioritizes
solving general problems that commonly occur in everyday life. The aim of this research is to
determine the effectiveness of using a problem-based learning model in problem-solving
abilities and physics learning outcomes in high school. This research uses the Meta Analysis
method with data analysis techniques for calculating effect size. The sample used for this
research consisted of 20 article items that already had an ISSN. The results of the research that
has been carried out can be concluded several things as follows; 1). The average effect size of
the problem-based learning model on problem-solving abilities is 1.94. Meanwhile, student
learning outcomes were 1.51 which was included in the high category. This means that the
application of problem-based learning is effective on student problem-solving abilities and
learning outcomes; 2) The most suitable learning material for problem-based learning is Static
Fluid material with an effect size of 3.50; 3) Based on the class level that effectively uses the
problem-based learning model, namely at the high school class XII level with the high category,
the effect size is 1.91.

References

Aninnah, N dan Wiyatmo, Y. (2016). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Aspek Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA Antara Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Konvensional Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika,5(4), 225-230.

Annovasho, J dan Budiningarti, H. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3), 20-26.

Ashad, M. S., Ali, M., & Marungkil Pasaribu, dan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2), 3240.

Aulia, I, M., Hikmawati dan Susilawati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(8), 52 - 57.

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 201–204.

Destianingsih, E., Pasaribu, A dan Ismet. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1-6.

Febriani., Tawil, M dan Sari,S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Gender. Jurnal Al-Musannif, 3(2), 67-82.

Ibrahim, Khosin dan Gunawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14 - 23.

Jemarus, W. (2022). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong. EDUNET-The Journal of Humanities and and Applied Education, 1(2), 238–248.

Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 83-89.

Kurniawan, B, R dan Taqwa, M, R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1451-1457.

Munandar, H dan Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2021. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.

Ningsih, E., Efendi, N., & Sartika, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 1–6.

Nurlina, Nurhayati, & Arafah, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 245–250.

Nursita, Darsikin dan Syamsu. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(2), 18-23.

Puspadewi, M. M., Sadia, I. W., & Yasa, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran BerbasisMasalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 131–140.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Sukaryaningsih, N,P,M.,Pujawan, I,G,N dan Rapi, N,K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 90-99.

Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. K. Meta Analisis Efektivitas Model PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52-58.

Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35.

Zunanda, M dan sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah da Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Sisw SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63-70

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Barus, A. N., Syah Putra Sembiring, J., & Haridsya Aditia, Y. (2023). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(2), 40-50. https://doi.org/10.58466/intern.v2i2.1146

Issue

Section

Artikel