Penerapan Metode Numbered Head Together dalam Materi Teori Relativitas Khusus pada Kelas XII MIPA 3 di SMAN 1 Jember

Penulis

  • Novita Bekti Haryo Putri Universitas Jember
  • Siti Ainur Rohmah Universitas Jember
  • Lailatus Sholihah Universitas Jember
https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1160

Kata Kunci:

Teknologi, Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

Abstrak

Teknologi yang semakin canggih menuntut guru untuk terus update dan menggunakan teknologi sebaik mungkin dalam proses pembelajaran. Pembelajaran fisika yang identik dengan teori dan konsep serta memiliki kesan abstrak pada materi kelas XII menjadi suatu kesempatan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKP) dengan penerapan metode pembelajaran numbered head together (NHT) pada pelaksanaannya. Penelitian kali ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Jember dengan teknik pengambilan data menggunakan tes pre-test dan post test. Menerapkan metode NHT artinya memberikan kesempatan bagi seluruh peserta didik dalam kelas untuk saling bertukar pendapat dan berani menyampaikan pendapatnya di kelompok maupun di depan kelas yang akan memotivasi belajar peserta didik juga. Melalui penerapan metode NHT didapatkan hasil belajar kognitif peserta didik (n-gain) pada siklus I sebesar 0.17 dengan kategori rendah (belum signifikan) dan pada siklus II sebesar 0.61 dengan kategori sedang (cukup signifikan). Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan perolehan n-gain yang menandakan adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Jember

Referensi

Arianti. 2019. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan. Vol. 12(2): 117-134.

Hake, R.R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six-thousand student survey of mechanics test data for introductory physics course. American Journal of Physics. Vol.66.No.1.

Juliartini, N. M., & Arini, N. W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3): 240.

Kemmis, S., & McTaggart, R. 1988. The Action Research Reader (Third). Victoria: Deakin University Press.

Sari, D. K. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2): 325.

Silalahi, R. R. & Hasruddin. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 4 (2): 053-060.

Syafaren, A., Yustina, Y., & Mahadi, I. 2019. Pembelajaran IPA Berbasiskan Integrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal of Natural Science and Integration, 2(1): 1.

Supriyono. 2016. The Implementation of Practice Generalization Reinforcement (PGR) Learning Strategy to Improve English Grammar Learning Outcomes in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education, 6(6), 50-54.

Zebua, K. A. D. P. 2017. The use of verbal reinforcement to motivate the 11th grade students of SMA Budya Wacana Yogyakarta to Speak English. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-25

Cara Mengutip

Bekti Haryo Putri, N., Ainur Rohmah, S., & Sholihah, L. . (2023). Penerapan Metode Numbered Head Together dalam Materi Teori Relativitas Khusus pada Kelas XII MIPA 3 di SMAN 1 Jember. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 2(1), 9-16. https://doi.org/10.58466/intern.v2i1.1160

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama