PERENCANAAN PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY PADA ELECTRICAL SISTEM AUXILIARY POWER UNIT BOEING 737-500
Kata Kunci:
Kegagalan, Kehandalan, Distribusi Weibull, Jadwal Perawatan, Auxiliary power unitAbstrak
Electrical sistem Auxiliary Power Unit pada pesawat Boing 737-500 sering mengalami kegagalan operasional karena adanya kerusakan pada komponen di dalam sistem tersebut, kejadian ini menimbulkan kerugian operasional yang cukup besar sehingga diperlukan sebuah metode perawatan yang tepat untuk menghilangkan faktor – faktor penyebab kegagalan pada Electrical sistem Auxiliary Power Unit. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan aktivitas preventive maintenance pada Electrical sistem Auxiliary Power Unit sehingga kerusakan part yang menyebabkan terjadinya kegagalan dapat ditanggulangi dengan baik. Metode reliability dihitung menggunakan distribusi Weibull sehingga didapatkan batas kritis waktu operasional pada Electrical sistem Auxiliary Power Unit. Dari hasil perhitungan didapatkan Batas kritis operasional Electrical sistem Auxiliary Power Unit adalah 271 flight cycle dengan kerusakan utama adalah pada komponen start Relay, dengan kegiatan maintenance berupa aktivitas Inspection, repair, testing dan cleaning.
Referensi
Ilham, 2016. “Lubrication System Pada Auxiliary Power Unit ( Apu ),” Lubr. Syst. Pada Aux. Power Unit ( Gtc P85 129 Pesawat Boeing 737 300/400/500, vol. 3, no. 1, pp. 41–56, 2016.
C. E. Ebeling, 1997. “Intro to Reliability & Maintainability Engineering.” p. 486.
W. Zimmer, 1999. “An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering,” J. Qual. Technol., vol. 31, no. 4, pp. 464–466, doi: 10.1080/00224065.1999.11979954.
P. Tarigan, E. Ginting, and I. Siregar, 2013. “Perawatan Mesin Secara Preventive Maintenance Dengan Modularity Design Pada Pt. Rxz,” J. Tek. Ind. USU, vol. 3, no. 3, pp. 35–39.
F. Setiawan, E. Sofyan, and D. M. C. Putra, 2020. “Analisis Reliability Sistem Starter Valve Untuk Merencanakan Aktivitas Maintenance Pada Pesawat Boeing 737 Next Generation Di …,” Tek. STTKD J. Tek. …, vol. 6, no. 02, pp. 92–103, 2020, [Online]. Available:
https://jurnal.sttkd.ac.id/index.php/ts/article/vi ew/272.
B. S. P. SUSANTO, 2017. “Penjadwalan Waktu Optimum Maintenance Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm),” p. 4, [Online]. Available: chrome- extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj
/viewer.html?pdfurl=https%3A%2F%2Feprints. umm.ac.id%2F36022%2F3%2Fjiptummpp-gdl- bagussusil-48581-3- babii.pdf&clen=1637397&chunk=true.
Cyrilus, 2012. “Analisis Terhadap Starter Motor Auxiliary Power Unit 85 / 129E Saat on Pada Pesawat Boeing 737-300 / Pk-Yvw,” Anal. Terhadap Start. Mot. Aux. Power Unit 85/129E Saat Pada Pesawat Boeing 737, vol. 2, no. 2, pp. 15–18.
H. Munawir, R. M. Ulfa, and M. Djunaidi, 2020. “Analisa Risiko Kegagalan Terhadap Downtime Pada Line Crank Case Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis,” pp. 149–156.
M. R. Rasindyo, Kusmaningrum, and Y. Helianty, 2015. “Analisis Kebijakan Perawatan Mesin Cincinnati Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Di PT. Dirgantara Indonesia,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 03, no. 1, pp. 400–410.
Aircraft Maintenance Manual (AMM). Rev 15 Oktober 2019. ATA 80 Engine Starting. Chicago Amerika. Boeing 737-600/700/800/900.
F. Setiawan, E. Sofyan, and M. Hadi, 2021. “JOURNAL OF APPLIED MECHANICAL
ENGINEERING AND RENEWABLE ENERGY (JAMERE), "Perencanaan Preventive Maintenance Ram Air Actuator pada Pesawat Boeing 737 Next Generation Menggunakan Metode Reliability Di PT . GMF Aeroasia”, vol. 1, no. 2, pp. 53–62, 2021.