MAINTENANCE ACTIVITY PLANNING FOR FUEL SYSTEM COMPONENTS ON KT-1B AIRCRAFT USING RELIABILITY METHODS

Kata Kunci:
Periode Kritis, FMEA, FTA, Sistem Bahan Bakar, Distribusi Weibull, Siklus HidupAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mencegah terjadinya unschedule maintenance dengan menentukan waktu perawatan yang optimal untuk melakukan perencanaan preventive maintenance pada fuel system pesawat KT-1B. Komponen-komponen Fuel System yaitu meliputi Engine Driven Pump, Fuel Control Unit. Metode yang digunakan adalah Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Distribusi Weibull. Metode ini untuk mengetahui faktor penyebab kegagalan, menghitung laju kegagalan, dan keandalan sistem. Faktor penyebab kegagalan fuel system dipengaruhi oleh usia, seal rusak, getaran. Tingkat keandalan Fuel System mengalami penurunan seiring lamanya pemakaian. Dimana system akan mengalami masa kritis ketika mencapai waktu operasional yaitu engine driven pump = 1010 jam dengan nilai reliability 70%, fuel control unit = 1637 jam dengan nilai reliability 70,1%. Setelah mengetahui batas masa kritis komponen, maka akan dilakukan perencanaan Preventive Maintenance terhadap part dan komponen penyebab kegagalan yaitu dengan melakukan cleaning pada komponen engine driven pump, fuel control unit dengan periksa secara berkala part pada Pesawat KT-1B..
Referensi
T. Ferdiana and I. Priadythama, “Analisis Defect Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet (GFS) PT. GMF AEROASIA,” Pros. Semin. Nas. Ind. Eng. Conf. 2016, pp. 1–8, 2015.
D’Ettore, “‘A Revised FMEA application to the quality control management’ D’ Ettore Claudia Paciarotti Giovani Mazzuto Davide SUSANTY,” Int. J. Qual. Reliab. Manag. , vol. 31, no. 7, pp. 788–810, 2014.
C. D. PUTRA, A. SYARIEF, AND H. ISWORO, “ANALISA Kegagalan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analisys (Fmea) Pada Unit Off-Highway Truck 777D,” Sci. J. Mech. Eng. Kinemat., vol. 3, no. 1, pp. 33–42, 2018, doi: 10.20527/sjmekinematika.v3i1.4.
F. Setiawan, E. Sofyan, and D. Muridha C. Putra, “Analisis Reliability Sistem Starter Valve Untuk Merencanakan Aktivitas Maintenance Pada Pesawat Boeing 737 Next Generation Di Pt Gmf Aeroasia,” Tek. STTKD J. Tek. Elektron. Engine, vol. 6, no. 2, pp. 92–103, 2020, doi: 10.56521/teknika.v6i2.272.
M. Taaqbier, E. Sofyan, and F. Setiawan, “Perancangan Aktivitas Maintenance Dengan Metode Reliability Pada Sistem Auxiliary Power Unit (Apu) Pesawat Boeing 737-500 Studi Kasus Di Pt. Mmf Surabaya,” Tek. STTKD J. Tek. Elektron. Engine, vol. 7, no. 2, pp. 174–183, 2021, doi: 10.56521/teknika.v7i2.318.
V. No, F. Setiawan, E. Sofyan, and M. Hadi, “JOURNAL OF APPLIED MECHANICAL ENGINEERING AND RENEWABLE ENERGY ( JAMERE ) Perencanaan Preventive Maintenance Ram Air Actuator pada Pesawat Boeing 737 Next Generation Menggunakan Metode Reliability Di PT . GMF Aeroasia,” vol. 1, no. 2, pp. 53–62, 2021.
B. Rahmanto, F. Setiawan, and E. Sofyan, “Perancangan Aktivitas Pemeliharaan dengan Metode Reliability pada Sistem Main Rotor Blade Helikopter BELL 412EP Studi Kasus Penerbad Semarang,” J. Appl. Mech. Eng. Renew. Energy, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.52158/jamere.v2i1.243.
F. Setiawan, M. Taaqbier, and M. Anhar, “Perencanaan Preventive Maintenance Menggunakan Metode Reliability Pada Electrical Sistem Auxiliary Power Unit Boeing 737-500,” Inject. Indones. J. Vocat. Mech. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022, doi: 10.58466/injection.v2i1.279.
F. Setiawan, Y. T. Purwantiningsih, and D. Wicaksono, “Schedule Planning and Maintenance Activities Auxiliary Power Unit (APU) Boeing 737-500 Aircraft With Reliability Method,” Pros. Semin. Nas. Sains Teknol. dan Inov. Indones., vol. 3, no. November, pp. 91–102, 2021, doi: 10.54706/senastindo.v3.2021.130.
D. R. F. Saputra, Y. Sukmono, L. D. Fathimahhayati, "Analisis Reliability Pada Mesin Fan Mill Unit 1 Di PT Cahaya Fajar Kaltim," Vol. 10, No. 1, November 2018.
J. Malau and R. Rochiem, "Analisa Kegagalan pada Fuel Intake Manifold Pesawat Terbang Boeing 737-500," Vol. 2, No. 1, 2013