PERAWATAN MESIN SUCKER MULLER DI PT. DLH

Penulis

  • Darsini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Bayu Prabowo Universitas Veteran Bangun Nusantara
https://doi.org/10.58466/injection.v1i1.1348

Kata Kunci:

Perawatan, Penjadwalan, Mesin Sucker Muller, Weaving I

Abstrak

PT. DLH Sukoharjo merupakan industri tekstil yang bergerak dalam bidang pertenunan. Observasi dilakukan pada mesin Sucker Muller yang sering mengalami kemacetan pada bagian cilynder drier, kipas angin, beam stand dan bearing dan pada saat beam berputar tidak dapat memaksimalkan hasil produksi. khususnya pada bagian Weaving I dibagian Sizing. Permasalahan yangsering terjadi adalah cara perawatan mesin penganjian yang dilakukan oleh pabrik kurang efisien sehingga menimbulkan keterlambatan jumlah produksi. Dalam penyelesaian masalah dilakukan dengan cara perawatan mesin sucker muller tersebut. Metode preventive maintenance yang digunakan untuk perawatan dan perbaikan serta pencegahan kerusakan. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa hasil Mean Time To Failure (M'I'I'F) komponen mesin Sucker Muller sebesar 6.63 jam dan nilai Mean Time To Repair (MTTR) 573.531 sebesar jam. Hal ini dapat membantu produksi dan meningkatkan produksi pada bagian yang sering rusak atau eror.

Referensi

Anggilang Wahyu DP, 2019. Perawatan Mesin Packaging PT. GUJATI. Laporan Kerja Praktek. Fakultas TEKNIK Universitas Veteran Bangun Nusantara: Sukoharjo.

Ahyari. 2002, Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi, Edisi Empat, Yogyakarta, BPFE.

Assauri. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Heizer, render. 2001 Operations Managemen, Jakarta : Salemba Empat.

Indra Wahyu Budiyanto, 2019. Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Confleyer PT DAN LIRIS. Laporan Kerja Praktek. Fakultas TEKNIK Universitas Veteran Bangun Nusantara: Sukoharjo.

Sehwarat, Narang. 2001, Production Managemen Edition Dhonpat Rai & CO. (P) Ltd, Delhi

Setiawan, F.D. (2008). Perawatan Mekanikal Mesin Produksi. Yogyakarta: Maximus.

Soemarno, Ardhi, 2008, Pemeliharaan, (Htmfile).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-28

Cara Mengutip

Darsini, & Prabowo, B. (2021). PERAWATAN MESIN SUCKER MULLER DI PT. DLH. Indonesian Journal of Vocational Mechanical Engineering, 1(1), 22-28. https://doi.org/10.58466/injection.v1i1.1348

Terbitan

Bagian

Artikel