PENGGUNAAN KARBON ARANG KAYU BELIAN DAN ARANG KAYU AKASIA PADA PROSES KARBURASI PADAT BAJA KARBON RENDAH

Penulis

  • Bayu Fajar Setiawan Politeknik Negeri Ketapang
  • Helanianto Politeknik Negeri Ketapang
  • Hairian Rahmadi Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/injection.v1i1.1347

Kata Kunci:

Perlakuan Panas, Karburasi Padat, Kekerasan

Abstrak

Baja karbon rendah memiliki penggunaan yang luas dalam bidang konstruksi dan dikelompokkan kedalam baja yang dapat diolah dengan permesinan (machinery steel). Kelemahan yang menonjol dari bahan ini adalah jenis kegagalan berupa rompal, dan pecah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh proses penambahan arang kayu belian dan arang kayu akasia terhadap baja karbon rendah.  Proses karburasi padat ini menggunakan bahan campuran arang kayu belian dengan kalsium karbonat dan arang kayu akasia dengan kalsium karbonat, serta heattreatment pada suhu 900oC, waktu tahan 30 menit yang diikuti quenching, dengan metode pengujian uji kekerasan rockwell. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kekerasan baja karbon yang mengalami perlakuan lebih tinggi bila dibandingkan dengan raw material baja karbon rendah= 50,34HRB, dimana karburasi dengan arang kayu akasia= 50,5HRB dengan nilai lebih rendah bila dibandingkan dengan arang kayu belian= 50,94HRB. Dilihat dari hasil tersebut bahwa proses karburasi padat dengan jenis arang yang berbeda akan meningkatkan kekerasan pada baja karbon rendah.

Referensi

Dieter, George E.1993, Metalurgi Mekanik Edisi Ketiga Jilid Pertama. University Of Maryland.

Darmanto, 2006. Pengaruh Holding Time Terhadap Sifat Kekerasan Dengan Refining The Core Pada Proses Carburizing Material Baja Karbon Rendah, UNWAHAS.

Sunardi, Lusiana, R.,Fitra,O.A.,2013, Pengaruh Pack Carburizing dan Kekerasan Permukaan Terhadap Umur Fatik Material Poros Baja S45C, Jurnal Foundry Vol.3, pp.7-12.

Syamsuir,2003.Pengaruh KarburasiTerhadap Kekerasan Baja DINI5CrNi6 (MS.7210), Thesis, UGM, Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-28

Cara Mengutip

Fajar Setiawan, B., Helanianto, & Rahmadi, H. (2021). PENGGUNAAN KARBON ARANG KAYU BELIAN DAN ARANG KAYU AKASIA PADA PROSES KARBURASI PADAT BAJA KARBON RENDAH. Indonesian Journal of Vocational Mechanical Engineering, 1(1), 10-21. https://doi.org/10.58466/injection.v1i1.1347

Terbitan

Bagian

Artikel