ANALISIS TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH SISWA DI SMPI DARUDDA'WAH PUNGGUR KECIL, KALIMANTAN BARAT, DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Nizarrahmadi Nizarrahmadi unukalbarUniversitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Reneldy Al ghazali Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i2.1915

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Kesulitan Siswa, Hambatan dalam Pembelajaran Bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji tantangan yang dihadapi oleh siswa kelas IX SMPI Darudda’wah dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama tahun ajaran 2023. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi pembelajaran yang efektif guna meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan melibatkan observasi kelas, wawancara dengan siswa, dan analisis dokumen yang relevan. Lima siswa kelas IX berpartisipasi dalam wawancara yang berfokus pada pemahaman mereka terhadap materi, serta motivasi dan minat mereka dalam belajar Bahasa Inggris. Temuan menunjukkan adanya perbedaan tingkat pemahaman, motivasi, dan antusiasme di antara siswa. Faktor-faktor yang memengaruhi termasuk rasa cemas, kurangnya rasa percaya diri, dan tekanan dari kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang praktis, peningkatan peran guru, dan penyesuaian kurikulum sebagai strategi yang menjanjikan untuk mendukung dan meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di SMPI Darudda’wah Punggur Kecil.

Referensi

Akarsu, O., & Dariyemez, T. (2014). The reading habit of university students studying English language and literature in the digital age. Journl of Language and Linguistic Studies, 10(2),85-99.

Alderson, J. C. (2000). Assessing reading. Cambridge: Cambridge University Press.

Bachman, L.F. (2004). Statistical analyses for language assessment. London: Cambridge University Press.

Brown, K. L. (2003). From teacher-centered to learner-centered curriculum: Improving learning in diverse classrooms. Education, 124, 1, 49, 54.

Browne, Ann. (2001). Developing language and literacy Second Edition. London: Paul Chapman Publishing

Cain, K. (2011). Matthew effects in young readers: reading comprehension and reading experience aid vocabulary development. Journal of Learning Disabilities (2011), 44(5), 431-443

Cohen, Louis. (2007). Research methods in education: 6th Edition. New York: Routledge.

Cresswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. 4th united states of America: Pearson Education.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Nizarrahmadi, N., & Al ghazali, R. . (2025). ANALISIS TANTANGAN YANG DIHADAPI OLEH SISWA DI SMPI DARUDDA’WAH PUNGGUR KECIL, KALIMANTAN BARAT, DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(2), 90-92. https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i2.1915

Terbitan

Bagian

Artikel