PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH PENYELEWENGAN MORAL: STUDI KASUS DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pendidikan Nilai, Moral, dan Sekolah DasarAbstrak
Selain kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seorang siswa, karakter positif dan moral juga merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki serta diterapkan oleh siswa dikehidupannya sehari-hari. Mengingat di era seperti ini, konflik yang berkaitan dengan karakter dan moral siswa cukup mudah ditemui. Tentu kondisi seperti ini bukanlah keingginan semua pihak, baik itu keluarga, sekolah, bahkan pemerintah. Hal ini bukan semata-semata untuk menciptakan karakter baik pada siswa, melainkan untuk membentuk generasi muda yang bertahan didalam kehidupan bermasyarakat tanpa merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Tentunya dunia pendidikan lah yang diberikan kepercayaan serta tanggung jawab oleh semua pihak agar mampu mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis adanya peran pendidikan karakter dalam mengatasi dan mencegah konflik serta penyimpangan moral di lingkungan siswa sekolah dasar. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus merupakan teknik penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Di mana peneliti hanya fokus pada fenomena dan konflik yang terjadi di lingkungan sekitar, melalui proses pengumpulan data berupa observasi dan analisis dokumen yang relevan. Sehingga hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa peran pendidikan karakter sangat memengaruhi dalam pembetukan perilaku moral pada siswa sekolah dasar. Di mana nilai-nilai karakter, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati terbukti cukup efektif dalam mencegah dan mengatasi adanya permasalahan terkait penyimpangan moral. Keterlibatan lingkungan orang tua dan sekolah yang positif juga sangat mempengaruhi dalam memperkuat pendidikan karakter melalui implemetasinya di kehidupan siswa. Diharapkan temuan ini bisa ikut andil dalam pengembangan kurikulum pendidikan, yang berfokus pada pembentukan dan pengimplementsian nilai-nilai karakter baik bagi siswa sekolah dasar.
Referensi
Aningsih, ., Zulela, M., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How is the Education Character Implemented? The Case Study in Indonesian Elementary School. Journal of Educational and Social Research, 12(1), 371. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0029
Aristanto, D. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sains Lentera Arfai (JPSLA).
Aulia Intan Rachmawati S, I. R. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Sikap, Perilaku, dan Karakter Siswa SD. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11238728
Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan media sosial di kalangan siswa sekolah dasar. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 46–52.
Fikri, S. H., Panji, W. R. W. R., & Fitriyah, E. L. (2023). Urgensi pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi: Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i1.485
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240–246.
Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.
Imawan, A. (2021). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran di Sekolah atau Madrasah.
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 280–289. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519
Kamal, R. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di SD/MI. Madaniyah, 4(1), 195065.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140–150.
Kholifah Sa’idah, N., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2019). STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SD NEGERI GAYAMSARI 01. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 117. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17332
Miftah, M., Napitupulu, N. D., & Zaky, M. (2024). Pendampingan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Penguatan Sekolah Penggerak Melalui Optimalisasi Peran Komunitas Belajar. Indonesian Journal of Society Engagement, 5(2). https://doi.org/10.33753/ijse.v5i2.171
Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). TEORI PSIKOSOSIAL ERIK ERIKSON: IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1314
Nurmadiah, N. (2018). KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER. Al-Afkar : Manajemen pendidikan Islam, 6(2), 33–66. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i2.236
Putri, A. R. D., Dewi, R. C., Azzahra, R. S., & Wahyudi, A. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1807–1815. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3456
Putri, I. (2022). MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PERGESERAN INTERAKSI SOSIAL REMAJA. Jikba: Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(2), 1–10.
Ramadani, K. S., Nurkholisah, L., Noviyanti, & Surani, D. (2024). Peran Keluarga Dalam Mendukung Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.5281/ZENODO.14574970
Ratri, M. A., & Atmojo, S. E. (2024). Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(1), 266–278.
Rusmana, A. O. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD.
Salsabillah, E., & Tirtoni, F. (2025). CHARACTER EDUCATION IMPLEMENTATION STRATEGY IN REALIZING PANCASILA STUDENT PROFILE TO PREVENT BULLYING IN ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendas.
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 2.
Setiawati, D. A. (2016). IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION LEARNERS IN SD NEGERI SINDUADI.