STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF UNTUK PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i3.1947Kata Kunci:
Strategi, Bahasa Arab, PemulaAbstrak
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengkaji strategi pembelajaran Bahasa Arab yang efektif bagi pemula, sehingga dapat menjadi acuan bagi pendidik, lembaga pendidikan, maupun pembelajar mandiri dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam strategi-strategi pembelajaran Bahasa Arab yang dianggap efektif bagi pemula. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru Bahasa Arab, observasi kegiatan pembelajaran di kelas, serta dokumentasi materi ajar dan rencana pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu kombinasi antara observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh data yang lebih valid dan menyeluruhAnalisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran Bahasa Arab untuk pemula paling efektif bila dimulai dari fondasi bunyi dan tulisan (huruf hijaiyah dan harakat), lalu segera diarahkan pada penggunaan bahasa dalam konteks nyata. Kombinasi Pendekatan Komunikatif, penguatan kosakata tematik (tamyīz), serta latihan istimā‘ (mendengar) dan kalām (berbicara) membentuk alur belajar yang alami: dengar → ucap → baca/tulis → pakai dalam situasi sehari-hari. Media visual/audiovisual, permainan edukatif, role-play, proyek kreatif, dan dukungan teknologi (aplikasi, video, kuis daring) menjaga keterlibatan dan menjembatani kesenjangan antara kelas dan kehidupan nyata.
Referensi
Anandyah Nur Aini, & Taufik, T. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah sebagai Pembelajar Pemula. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 288–295. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2692
Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut al Arabiyyah, 7(1), 13. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269
Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, U. (2022). Abid Nurhuda *). Arabic Language Education Journal, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.36835/alfusha.v4i1.749
Maula, I., Saripudin, A., & Jazariyah, J. (2021). Pengembangan Media Arabic Alphabet for Kids untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 283. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i2.12421
Suartini, N. W. P. (2022). Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(1), 141. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44635
Sulaiman, E. (2023). Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula). Edu Journal Innovation in Learning and Education, 01. https://doi.org/10.55352/edu
Syahid, N., Al Khoziny, I., & Sidoarjo, B. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(1).



Jurnal ini telah diindeks oleh :
