HAMBATAN DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI SD MUHAMMADIYAH 1 DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
hambatan, tantangan, pembelajaran jarak jauh, pandemi, Covid-19Abstrak
Fenomena wabah pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Salah satu dampak yang paling signifikan adalah perubahan pada proses pembelajaran yang pada mulanya dilaksanakan secara tatap muka kemudian berubah menjadi dalam jaringan (daring) yang dapat dilakukan di rumah masing-masing melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ). Perubahan ini tidak hanya berimplikasi terhadap proses pembelajaran namun juga metode, teknologi, dan peran berbagai pemangku kepentingan. Para peserta didik dan pendidik harus beradaptasi terhadap sistem baru untuk mengatasi hambatan dan tantangan yang timbul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Denpasar pada masa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka yang relevan dengan permasalahan dan kemudian dideskripsikan dan diinterpretasikan secara menyeluruh menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa di SD Muhammadiyah 1 Denpasar yaitu penyesuaian metode pembelajaran dengan penggunaan teknologi dan pemahaman materi pembelajaran. Adapun upaya yang dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan adanya peran aktif antara siswa, orang tua, dan guru atau pendidik.
Referensi
Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, D. A. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal Of Education, 67(10), 48–61. https://doi.org/10.5604/01.3001.0016.0659
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Han, Y., & Yang, H. (2020). Transmisi dan diagnosis penyakit infeksi coronavirus novel 2019 (COVID-19): Perspektif Cina. J Med Virol.
Hastuti, N., & Djanah, S. N. (2020). Studi Tinjauan Pustaka: Penularan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 70. https://doi.org/10.31602/ann.v7i2.2984
Kusumastuti, A & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 112).
Li Q, Guan X, Wu P, dkk. (2020) Dinamika Penularan Awal di Wuhan, Cina, dari Pneumonia yang Baru Terinfeksi Coronavirus. Eng J Med Baru . P382, 1199-207.
Rahmawati, I. (2016). Pelatihan dan pengembangan pendidikan jarak jauh berbasis digital class platform edmodo. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII UT, 9, 411-419.
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341
Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan Dan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841
WHO. (2019). Weekly Update on COVID-19. Emergency Situational Updates, 77, 1–10. https://www.who.int/publications/m/item/weekly-operational-update---30-november-2020
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492