Education Training In The Form Of Learning Park For Children Of Yayasan Panti Asuhan Sayangi Anak Kasih Hati

Authors

  • Citra Mutiara Nst Universitas Sumatera Utara
  • Dewi Ratih Universitas Sumatera Utara
  • Angelica Patricia Universitas Sumatera Utara
  • Calvin Girsang Universitas Sumatera Utara
  • Siti Safitri Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1381

Keywords:

Orphanage, Children, Education

Abstract

Panti Asuhan adalah suatu lembaga sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan, serta memberikan pelayanan pengganti orang tua/ wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak.Pelayanan sosial sangat dibutuhkan untuk anak-anak panti asuhan terutama pelayanan pendidikan, merujuk pada hasil penelitian menunjukan bahwa pemenuhan hak dan kebutuhan pendidikan anak di panti belum maksimal. Pendidikan pada dasarnya hak dari setiap anak tanpa terkecuali pendidikan berfungsi untuk  membentuk sikap dan orientasi siswa terhadap belajar, menanamkan sikap positif dan haus akan pengetahuan. Dalam memberikan pelatihan pendidikan kepada anak menggunakan pemenuhan kebutuhan pendidikan menggunakan metode kelompok (Groupwork) ini adalah pendidikan secara komprehensif tentang pelatihan pendidikan sebagai taman belajar. Program Intervensi yang digunakan dalam kegiatan Praktikum ini adalah Intervensi Mezzo oleh Zastrow yang terdiri dari; Persiapan (dengan Pendekatan Non-Direktif), Intake / Engagement, Assessment, Perencanaan, Implementasi dan Rencana Aksi, Evaluasi dan Terminasi. Dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas anak panti asuhan. Anak Yayasan Panti Asuhan Sayangi Anak Kasih Hati sudah  dapat membaca, menulis, dan berhitung dengan baik.

References

Gramedia. Pengertian Pendidikan: Tujuan, Unsur, Landasan, Asas, & Lingkungannya. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-pendidikan/ (diakses pada 02 Januari 2023)

Hukul, Kasim, dkk. 2019. Peran Pengasuh Panti Asuhan Yayasan Melati Alkhairat dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Asuh. Jurnal Kuttab,1(1).

Khoirunnisa, Sella, dkk. 2015. Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Jurnal Unpa,2(1),3-4.

Shomad, Abdul. 2014. Pola Asuh Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Kasus Di Panti Asuhan Yatim 'Aisyiyah 04 Simo Boyolali Tahun 2012). Skripsi,01.

Suriadi, Agus, dan Syifa Salsabila Damanik. 2021. Memperdalam Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Panti Asuhan Taruna Melati PematangSiantar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia,1(2),2-3.

Pahlephi, Rully. 2022. Memahami Fungsi dan Tujuan Pendidikan di Indonesia.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6412949/memahami-fungsi-dan-tujuan-pendidikan-di-indonesia (diakses pada 09 Januari 2023)

Taking, Mansur. 2020. Implementasi Kebijakan Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Jalanan di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum,9(4).

Utama, Fajar, dan Aidil Arifin. 2019. Perbandingan Model Therapeutic Community (TC) dan Narcotics Anonymous (NA) di Pelayanan Kesejahteraan Sosial Adiksi Narkoba. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA,7(1),32.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Mutiara Nst, C., Ratih, D., Patricia, A. ., Girsang, C. ., Safitri, S. ., & Utama Ritonga, F. . (2023). Education Training In The Form Of Learning Park For Children Of Yayasan Panti Asuhan Sayangi Anak Kasih Hati. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 141-148. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1381

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)