Persepsi Mahasiswa Prodi Agroindustri terhadap Praktikum dengan Video Demonstrasi pada Mata Kuliah Analisa Pangan
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan terutama di bidang pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, diharuskan beralih secara daring baik untuk mata kuliah teori maupun praktikum. Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan secara daring dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman dan keilmuan pada mata kuliah yang mereka ambil, dalam hal ini adalah mata kuliah analisa pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap praktikum dengan video demontrasi pada mata kuliah analisa pangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 50 mahasiswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Persepsi mahasiswa dapat dilihat dari tiga aspek yaitu proses belajar mengajar, kemampuan dosen serta sarana dan prasarana yang dinilai menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan persepsi mahasiswa pada semua aspek memiliki rerata 60,92% yang terdiri dari 59,6% aspek kegiatan belajar mengajar, 68,7% aspek kompetensi dosen dan 54,4% aspek sarana dan prasarana, sehingga persepsi mahasiswa terhadap praktikum dengan video demonstrasi pada mata kuliah analisa pangan adalah positif.
Referensi
Ahmad, I. F. (2020). Alternative assessment in distance learning in emergencies spread of coronavirus disease ( Covid-19 ). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.
Akimov, A., & Malin, M. (2020). When old becomes new: A case study of oral examination as an online assessment tool. Assessment & Evaluation in Higher Education, 0(0), 1–17.
Aladawiyah;, Masriani;, & Sartika, R. (2018). Analisis Keterlaksanaan Praktikum Kimia di Laboratorium Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Tanjungura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–13.
Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58.
Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using technology to maintain the education of residents during the COVID-19 pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Ushuluddin, F. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21, 1–12.
Darmansyah, (2010). Pembelajaran Berbasis Web Teori Konsep dan Aplikasi. Padang: UNP Press Padang.
Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8, 99–113.
Faika, S., & Side, S. (2011). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan PraktikumKimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar Analysis. Jurnal Chemica, 12, 18–26.
Fibriana, Betty Aristha, A. K. (2014). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Universitas Negeri Surabaya. 337–344.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Gilbert, T. R., Kirss, R. V, Foster, N., Bretz, S. L., & Davies, G. (2018). Chemistry:The Science in Context. (E. Fahlgren, Ed.) (Fifth Ed). Newyork: W.W Norton & Company.
Hermawan, A., Ikawati, M., Kristina, S. A., & Meiyanto, E. (2019). Efektivitas Hybrid e-Learning Mata Kuliah Kimia Klinik dan Bioanalisis di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 9(3), 164–173.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Proyeksi, Solusi dan Hambatan.
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, VIII(2), 224–231.
Musiana. (2015). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Praktik Laboratorium di Jurusan Keperawatan Tanjungkarang. Hussein Ratna M, VI.
Nyangko, L. R., Karo Karo, U., & Hamdani, A. (2016). Penggunaan Laboratorium Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Teknik Pemesinan. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 102.
Pinaryo. (2016). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Terhadap Program Kewirausahaan Mahasiswa. Aristo, 2(2), 53.
Praherdhiono, H., Adi, E. P., Prihatmoko, Y., Nindigraha, N., Soepriyanto, Y., Indreswari, H., & Oktaviani, H. I. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Seribu Bintang.
Raharjo, S. (2017). Pengaruh Metode SDEP (Simulasi, Demonstrasi, Eksperimen, Presentasi) dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1),51–56.
Rokhim, D., Asrori, M., & Widarti, H. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory Pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216–226.
Sarawati, N.L.A.P., dan Mertayasa, I.N.E., (2020) Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol. 14 No2, Oktober 2020.
Virgana. (2017). Persepsi Mahasiswa Pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Diferensial. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 170