Pengaruh Karakter Profil Pelajar Pancasila Terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam
Abstrak
Penelitian ini menganalisis pengaruh karakter Profil Pelajar Pancasila (P3) terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuesioner dan data melibatkan 62 siswa kelas XI yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai karakter siswa di kelas eksperimen adalah 74,48, sedangkan di kelas kontrol adalah 72,19, namun perbedaan ini tidak signifikan secara statistik (Sig 2-tailed sebesar 0,182 > 0,05). Tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar fisika antara kedua kelompok. Kesimpulannya, model pembelajaran di kelas eksperimen tidak memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Disarankan penggunaan media pembelajaran interaktif dan mempertimbangkan karakter siswa dalam pembagian kelompok belajar
Referensi
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.
http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/295/0
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(2), 52-60.
Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61-71.
Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45-50.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.
Juanta, P. (2020). Pengaruh Penguasaan Pemuaian Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Materi Pokok Kalor Kelas Vii SMP Negeri. JURNAL PhysEdu (PHYSICS EDUCATION), 2(1), 59-59.
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687.
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/916/747
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622
Dewi, H. (2023). Penerapan Model GI-GDL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 328-336.
https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/519