INTEGRASI BERPIKIR ALGORITMIK DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI

Penulis

  • Dwikalsum Dwikalsum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i2.1850

Kata Kunci:

literasi ICT, berpikir algoritmik, pendidikan tinggi

Abstrak

Di era digital, literasi Information and Communication Technology (ICT) menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Literasi ini tidak hanya mencakup kemampuan menggunakan perangkat digital, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis. Salah satu pendekatan yang relevan untuk mendukung pengembangan literasi ICT adalah berpikir algoritmik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi berpikir algoritmik dalam strategi pembelajaran literasi Information and Communication Technology (ICT) di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif terhadap berbagai sumber literatur ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa berpikir algoritmik dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah digital, menganalisis data, serta merancang solusi secara logis. Integrasi ini juga membantu mahasiswa memahami teknologi secara mendalam dan menjadi pengguna yang reflektif. Namun, tantangan tetap ada, seperti keterbatasan kurikulum dan minimnya pelatihan dosen. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran interdisipliner yang mendorong pengembangan pola pikir terstruktur dalam penguatan literasi Information and Communication Technology (ICT).

Referensi

Arvi, M., & Syam, S. S. (2025). Kemampuan Berpikir Komputasional di Sekolah Dasar Kelas 4 Pembelajaran Matematika. 3(2024).

DeJong, G. (2004). Explanation-based learning. Computer Science Handbook, Second Edition, 49(3), 68-1-68–18. https://doi.org/10.1201/b16812-43

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Putri, I. A., Tanjung, M. S., & Siregar, R. (2024). Studi Literatur Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 2(2), 23–33.

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 381. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606/9529

Rosyid, A., & Mubin, F. (2024). Pembelajaran Abad 21: Melihat Lebih Dekat Inovasi Dan Implementasinya Dalam Konteks Pendidikan Indonesia. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586

Tsvetkova, M. S., & Kiryukhin, V. M. (2021). Algorithmic Thinking and New Digital Literacy. Olympiads in Informatics, 15, 105–118. https://doi.org/10.15388/ioi.2021.09

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Dwikalsum, D., & Yahfizham, Y. (2025). INTEGRASI BERPIKIR ALGORITMIK DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(2), 71-74. https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i2.1850

Terbitan

Bagian

Artikel