PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DI KELAS XI SMKS TELKOM
Kata Kunci:
Pemrograman, Teknologi, SMKS Telkom Sandhy PutraAbstrak
Perkembangan teknologi menjadi hal yang sangat penting dalam berjalannya kehidupan. Zaman sekarang sudah masuk era revolusi industri 4.0 yang merupakan perkembangan teknologi yang ditandai dengan majunya internet secara masif. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah melahirkan berbagai inovasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah integrasi teknologi dalam proses belajar-mengajar. SMKS Telkom Sandhy Putra sebagai salah satu sekolah kejuruan yang berfokus pada bidang teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi dalam meningkatkan pengalaman pembelajaran pemrograman di SMKS Telkom Shandy Putra. Melalui pendekatan kualitatif dan deskriptif, penelitian ini menggali efektivitas dan motivasi belajar siswa dengan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan data primer berupa hasil wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta hasil observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Kemudian, teknik yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Menurut hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan teknologi dalam pembelajaran pemrograman di SMKS Telkom Sandhy Putra terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar pemrograman.
Referensi
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
Alvauziah, D. M., Prawati, E., & Anggraini, P. Y. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pengelolaan Kelas Modern. IJELAC: Indonesian Journal of Education, Language, and Cognition, 1(1), 45-53.
https://edujavare.com/index.php/Ijelac/article/view/404
Abdullah, D. S., Hadi, R. N., & Suryandari, M. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(1), 91-100.
https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/2933
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208
Pawana, M. G., Suharsono, N., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif berbasis proyek dengan model ADDIE pada materi pemrograman web siswa kelas X semester genap di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1).
https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/1293
Putri, K. (2015). Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Kelas Dasar-Dasar Pemrograman (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/13849
Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemograman dasar menggunakan modul di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal pendidikan vokasi, 5(3), 365-376.
https://journal.ppmi.web.id/index.php/JPKI2/article/view/56
Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.
https://bkad.tubaba.go.id/media/publikasi_file/886597667_67-90-1-SM.pdf
Anggreni, D. P. D., & Rudiarta, I. W. (2022). Pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Agama Hindu perspektif teori belajar sosial. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 142-151.
https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/PS/article/view/353