PENGARUH PENJUALAN ADAPTIVE, KAPABILITAS RELASI, KETERAMPILAN MENJUAL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN
Kata Kunci:
Penjualan Adaptive, Kapabilitas Relasi, Keterampilan Menjual, dan Kinerja Tenaga PenjualanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan adaptif, kapabilitas relasi, dan keterampilan menjual terhadap kinerja tenaga penjualan dalam konteks bisnis. Metode kuantitatif digunakan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden yang merupakan tenaga penjualan. Penjualan adaptif diukur oleh tingkat kemampuan tenaga penjualan dalam menyesuaikan strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kapabilitas relasi dinilai berdasarkan kemampuan dalam membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Sementara itu, keterampilan menjual diukur melalui kemampuan berkomunikasi, membangun relasi yang baik dengan pelanggan. Dalam penelitian ini melakukan pengumpulan data melalui kuisioner google form dan analisis data menggunakan SPSS versi 26 yang meliputi Analisa deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji signifikasi menggunakan uji t, uji f, dan uji R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial yaitu, penjualan adaptive (X1), kapabilitas relasi (X2), dan keterampilan menjual (X3) berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualan (Y)
Referensi
R. T. Anees, V. Raju, and T. Anjum, "A Mediating Role of Adaptive Selling Behavior: Relationship between Emotional Intelligence and Sales Performance. Beverage Industry of Pakistan," International Journal of Psychosocial Rehabilitation, vol. 24, no. 1, pp. 5266-5275, 2020.
R. L. Suryahadi and M. Anwar, "The Role of Adaptive Sales in Increasing the Performance ff Jimshoney Product Sales Personnel in East Java," IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), vol. 4, no. 4, pp. 596-607, 2021.
T.-T.-L. Nguyen, X.-Q. Hoang, P. T. Lien, T.-H. Pham, and H.-H. Pham, "Antecedents of salesperson performance in information service industry: The role of guanxi, adaptive selling behaviors and customer orientation," Cogent Business & Management, vol. 9, no. 1, p. 2044433, 2022.
A. ABEBA, "FACTORS AFFECTING ADAPTIVE SELLING BEHAVIOR: EMPIRICAL EVIDENCES ON THE PHARMACEUTICAL SALES REPRESENTATIVE IN ADDIS ABEBA," 2020.
A. Inuzuka, "Adaptive Selling Behavior: A New Way of Approaching Adaptive Selling and Its Effects," Review of Integrative Business and Economics Research, vol. 10, no. 1, pp. 105-114, 2021.
T. Scholz, J. Redler, and S. Pagel, "Re-designing adaptive selling strategies: the role of different types of shopping companions," Review of managerial science, vol. 15, pp. 1243-1280, 2021.
L. Agustina, "Pengaruh Penjualan Adaptif, Kemampuan Mendengar dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjual Jasa Hotel Bintang 4 & 5 di Yogyakarta," Jurnal Manajemen, vol. 6, no. 1, 2016.
Asri, C. P., et al. (2021). BAGAIMANA MARKETING MEMBANTU MELALUI PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN IMMANUEL
W. Y. Cipta, "Analisis Pengaruh Citra Merek, Keterampilan Menjual Dan Kinerja Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Asuransi Kebakaran Pada PT Asuransi Central Asia Cabang Pontianak," BIS-MA (Bisnis Manajemen), vol. 8, no. 3, pp. 641-652, 2023.
R. Murniningsih, "Kapabilitas Relasional UMKM: Suatu Tuntutan Daya Saing," URECOL, pp. 563-568, 2017.
H. Supriantono, "Pengaruh Keterampilan Menjual dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada PT Bintang Fortuna Sejahtera di Pontianak," BIS-MA (Bisnis Manajemen), vol. 2, no. 9, pp. 1888-1897, 2018.
O. S. Itani, R. Agnihotri, and R. Dingus, "Social media use in B2b sales and its impact on competitive intelligence collection and adaptive selling: Examining the role of learning orientation as an enabler," Industrial Marketing Management, vol. 66, pp. 64-79, 2017.