PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS PEMANFAATAN SDA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS V SDN GLAGAHARUM
Keywords:
SQ3R Learning Model on social studies subjectsAbstract
The SQ3R learning model in principle stands for the steps of studying a text, which include: First, Survey, namely examining or researching or identifying the entire text. Second, Question, namely compiling a list of questions that are relevant to the text. Third, Read, namely reading the text actively to find answers to the questions that have been arranged. Fourth, Recite, namely memorizing every answer that has been found. Fifth, Review, namely reviewing all the answers to the questions arranged in the second and third steps, we conducted a class action research (CAR) with the following title: "Improvement of social studies learning outcomes regarding natural resource use activities through cooperative learning of the S3QR technique in class students IV Glagaharum Elementary School, Porong District, Academic Year 2023/2024, which focuses on how the activities of class VI students at Glagaharum Elementary School, Porong District in implementing the S3QR technique learning method regarding natural resource utilization activities and the application of the S3QR technique learning method can improve fourth grade students' understanding of natural resource utilization activities in Glagaharum Elementary School, Porong District
References
Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra SD, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Budiningsih, A. 2005. Metode Pembelajaran Konstruktivitistik. Penerbit Phibeta, Jakarta.
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorgansasi Isi dengan Model Kolaborasi. Penerbit IKIP, Malang.
Degeng, Nyoman, S., 2000, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bahan Penaaran Applied Approach, Malang: LP3UM.
Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dirjen PMPTK, Jakarta
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Laksana Mandiri, Jakarta.
Dirjen Dikdasmen. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Penataran untuk Instruktur. PPPG EKONOMI dan PMP, Malang
Dirjen PMPTK. 2007. Sosialisasi KTSP, Pembelajaran Siswa Aktif. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Ibrahim, M., dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Penerbit Universitas Negeri Surabaya.
Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bagian I, II, III. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Maimunah. 2005. Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mulyasa, E. 2007. Profesionalisme Guru. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Mustaji & Sugiarso, 2005, Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Penerbit Unesa University Press.,Surabaya
Nur, M. & Wikandari ,P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Peserta Didik Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Unesa Universiity Press, Surabaya.
Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Unesa University Press, Surabaya.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Universitas Negeri, Malang.
Pujawan, I. G. N. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode SQ3R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No. 3:343-358.
Riyanto, M. 2000. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Malang :PPPG IPS dan PMP, .
Sahertian, P.1992. Supervisi Pendidikan. Malang : IKIP
Supandi. 2005. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode GI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Trawas Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Syah, M. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Winataputra, Udin, S. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.