ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN MANUSIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN SOLUSI PADA KECERDASAN GENERASI MUDA

Penulis

  • Irfan Swanto Yusni Universitas Sriwijaya
  • Ronadia Ronadia Universitas Sriwijaya
  • Sani Safitri Universitas Sriwijaya
  • Alif Bahtiar Pamulaan Universitas Sriwijaya
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1708

Kata Kunci:

pendidikan karakter, generasi muda, solusi pendidikan

Abstrak

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi muda yang cerdas, bermoral, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi pustaka, yang mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai pendidikan karakter. Isu-isu yang diangkat mencakup perilaku menyimpang di kalangan generasi muda yang disebabkan oleh krisis karakter dan kurangnya pendidikan karakter, serta tanggung jawab guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan karakter positif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pendidikan karakter tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada penanaman nilai-nilai moral dan etika yang dapat membentuk perilaku positif siswa. Selain itu, artikel ini mengidentifikasi solusi pendidikan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan generasi muda, termasuk pendidikan tentang penggunaan media sosial, nilai-nilai agama dan pancasila, serta pengembangan kebijakan yang mendukung moralitas.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, generasi muda, solusi pendidikan

Referensi

F. Q. Aini, R. Yuli, A. Hasibuan, and G. Gusmaneli, “Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda,” vol. 3, no. 4, 2024.

D. F. Listiowati and A. Trisiana, “Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Membangun Karakter Generasi Pintar,” J. Glob. Citiz. J. Ilm. Kaji. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 10, no. 1, p. 139, 2021, doi: 10.33061/jgz.v10i1.4707.

R. Rasyid, M. N. Fajri, K. Wihda, M. Z. M. Ihwan, and M. F. Agus, “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan,” J. Basicedu, vol. 8, no. 2, pp. 1278–1285, 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i2.7355.

N. Rodiyana, R. Tajuddien, A. Praditya, and U. Pamulang, “Pembentukan generasi muda yang cerdas dan berkarakter sesuai profil pelajar pancasila,” vol. 4, no. 1, pp. 89–94, 2023.

A. Apriyansa, “Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Kejuruan,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Vokasional, pp. 108–112, 2017.

T. C. Merentek, T. E. Sumual, E. J. Usoh, and J. K. Kampilong, “Perencanaan Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Masa Depan,” El-Idare J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 29–35, 2023, doi: 10.19109/elidare.v9i1.16516.

Santika Virdi, Husnul Khotimah, and Kartika Dewi, “Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah,” Protas. J. Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 162–177, 2023, doi: 10.55606/protasis.v2i1.86.

R. Mubarok, “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam,” AL-FAHIM J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 131–146, 2021, doi: 10.54396/alfahim.v3i2.183.

C. Budiyanto, “Manajemen Pendidikan Kepramukaan dalam Pembentukan Karakter,” AL-IDRAK J. Pendidik. Islam dan Budaya, vol. 1, no. 1, pp. 27–45, 2021.

A. Prihatmojo and B. Badawi, “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 4, no. 1, p. 142, 2020, doi: 10.20961/jdc.v4i1.41129.

Nirra Fatmah, “PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN,” vol. 29, pp. 369–387, 2018.

M. Rodríguez, Velastequí, “Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi,” vol. 7, pp. 1–23, 2019.

F. Tirtoni, “Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda,” Inventa, vol. 6, no. 2, pp. 210–224, 2022, doi: 10.36456/inventa.6.2.a6237.

Y. S. Pongtambing et al., “Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda,” Bakti Sekawan J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 23–28, 2023, doi: 10.35746/bakwan.v3i1.362.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Swanto Yusni, I. ., Ronadia, R., Safitri, S. ., & Bahtiar Pamulaan, A. . (2024). ARTI DAN TUJUAN PENDIDIKAN MANUSIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAN SOLUSI PADA KECERDASAN GENERASI MUDA. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(3), 64-68. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1708

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama