Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Saima Putrini Politeknik Negeri Ketapang
  • Julyan Purnomo Politeknik Negeri Ketapang
  • Chindy Larasati Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v3i1.1442

Kata Kunci:

u-turn,, kapasitas lalu lintas,, tingkat pelayanan jalan,

Abstrak

Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang merupakan jalan arteri dengan tipe lingkungan yaitu komersial dan terdapat hambatan samping yang berdampak terhadap kinerja lalu lintas akibat kegiatan disamping atau di sisi jalan tersebut. Dari masing- masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengkoordinir gerakan U-Turn. U-Turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arteri kota. Dengan tujuan mengetahui karakteristik dan kapasitas lalu lintas serta tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan. Jenderal Ahmad Yani. Hal ini berdampak pada karakteristik lalu lintas, kapasitas jalan dan tingkat pelayanan jalan yang akan diterapkan dalam penelitian dengan menggunakan pedoman MKJI 1997. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang didapat pada Jalan Jenderal Ahmad Yani dengan nilai karakteristik arus lalu lintas pada volume arus lalu lintas pada arah Jalan.Jenderal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 261,95 smp/jam dan untuk arah Jalan.Merdeka – Jalan.Jenderal Ahmad Yani sebesar 159,45 smp/jam. Kecepatan kendaraan Jalan Jenderal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 31,41 km/jam dan Jalan.Merdeka – Jalan.Jenderal Ahmad Yani sebesar 34,02 km/jam. Kerapatan lalu lintas pada Jalan.Jederal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 8,34 smp/km dan Jalan.Merdeka – Jalan. Jenderal Ahmad Yani sebesar 4,69 smp/km. dengan kapasitas lalu lintas sebesar 1.285,90 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan jalan didapat nilai B dan A

Referensi

Kasan, Muhammad., Mashuri., dan Listiawati, Hilda. 2005. Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Palu (Studi Kasus Jl. Moh Yamin Palu). Jurnal SMARTek, Vol. 3, No. 3, Agustus 2005. 146-159

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1990. Tata Cara Perencanaan Pemisah, No.014/T/BNTK/1990. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum RI

Agah, Heddy R. 2007. Analisis Fasilitas Putaran Balik. Jakarta: Universitas Indonesia

Utami, Yuwita, Tri., Ariyadi, Teddy., dan Mayuni, Siti. 2018. Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Pontianak). Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, Vol. 5, No. 2 (2018).

Rohani. 2010. Pengaruh Volume Lalu Lintas Yang Berpengaruh Terhadap Arus Putar Balik. Mataram: Universitas Mataram.

Wibisono, Gendoet, Indarto., Ramadan, Fajar Eka., dan Fajar, Arif, Hernawan. 2019. Analisis Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) Dalam Menghindari Kecelakaan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik (JMBTL), Vol. 5, No. 3 Mei 2019, ISSN 2407-635X

Gautama, Gustaf., Jaya, Fery, Hendy., Meriska, Desti. 2021. Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas. Jurnal Teknika Sains Vol. 06, No. 02, 2021.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum RI.

Badan Pusat Statistik. (2021). Penduduk Kabupaten Ketapang Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin. https://kalbar.bps.go.id/indicator/12/134/1/penduduk-kab-ketapang- menurut-kel-umur-dan-jenis-kelamin.html. (Diakses pada tanggal 3 Agustus 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Putrini, S., Purnomo, J., & Larasati, C. (2024). Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 3(1), 34-41. https://doi.org/10.58466/rigid.v3i1.1442

Terbitan

Bagian

Artikel