Perencanaan Jembatan Kayu di Jalan Pertanian Desa Mekar Sari Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Suryansyah Suryansyah Politeknik Negeri Ketapang
  • Julyan Purnomo Politeknik Negeri Ketapang
  • Firmanilah Kamil Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v1i2.1186

Kata Kunci:

perencanaan jembatan, jembatan kayu, jembatan kayu lantai beton

Abstrak

Pada Jalan Pertanian Desa Mekar Sari Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat masih terdapat ruas jalan yang terpisah oleh aliran sungai dimana ruas jalan tersebuat bisa dimanfaatkan oleh para petani dalam membawa hasil taninya ketempat tujuan, oleh karna itu maka harus dilaksankannya pembangunan jembatan di lokasi tersebut. Pada perencana kali ini menggunakan tipe jembatan kayu lantai beton yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu membuat gambar rencana dan menghitung angaran biaya yang diperlukan dalam pembangunan jembatan di Jalan Pertanian. Untuk mendapatkan data data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi di lapangn serta pengambilan data daftar harga satuan material Kabupaten Ketapang tahun 2021 dari PUPR untuk membuat RAB. Setelah melakukan pembutan gambar rencana dan analisi perhitungan RAB maka didapatkan total biaya yang diperlukan dalam pembangunan jembatan di Jalan Pertanian Desa Mekar Sari yaitu sebesar Rp. 31.357.000.

Referensi

Hadinata, Christian. 2016. Perencanaan Jembatan Rangka Baja Air Pedado Kelurahan Kramasan Kecamatan Kertapati

Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Politeknik Negeri Sriwijaya: Palembang.

Atmojo, dkk. 2018. Perencanaan Ulang Struktur Jembatan Sembayat II Gresik menggunakan Balok Induk Beton Prategang “V” pada Bentang ke-3. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Konstruksi, 6(1): 33-46.

Sembiring, Lea Christina. 2009. Analisa Jembatan Composite Gelegar KayuLantai Beton. Universitas Sumatera Utara: Medan.

Arif, dkk. 2013. Modifikasi Perencanaan Jembatan Damas II, Prigi, Kab.Trenggalek dengan Sistem Concrete Steel Hybrid Half Through Arch. Jurnal Teknik Pomits, 1(1): 1-6.

Nindyaputra, dkk. 2016. Penerapan Material Kayu pada Konstruksi Bangunan Kampung Lumbung di Kota Batu. Jurnal

Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 4(4).

Emisasmita, dkk. 2015. Jembatan struktur Rangka Baja Pemodelan Jembatan Rangka Kasih Ibu (K-Truss International

Bridge Union). Bridge, 2(2): 134-149.

Afrizal, Hiki, dan Ratnawati. 2011. Perencanaan Jembatan Pemali Ruas Jalan Brebes-Tegal.Universitas Diponegoro:

Semarang

Musmawati, Ema. 2020 Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (Rab) Serta Proses Pelelangan Pada Proyek Pembangunan Jembatan Wanarata Pemalang. Yayasan Alumni Universitas Diponegoro: Semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Suryansyah, S., Purnomo, J. ., & Kamil, F. (2022). Perencanaan Jembatan Kayu di Jalan Pertanian Desa Mekar Sari Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 1(2), 36-41. https://doi.org/10.58466/rigid.v1i2.1186

Terbitan

Bagian

Artikel