PENGEMBANGAN MESIN DOWEL 3 IN 1 PEMBUAT PASAK KAYU UNTUK PEMBANGUNAN PERAHU NELAYAN DI WILAYAH PESISIR MADURA

Penulis

  • Windra Iswidodo Politeknik Negeri Madura
  • Mohammad Anas Fikri Politeknik Negeri Madura
  • Tristiandinda Permata Politeknik Negeri Madura
  • Mohammad Abdullah Politeknik Negeri Madura
https://doi.org/10.58466/injection.v2i2.1481

Kata Kunci:

galangan kapal tradisional, mesin dowel, otomatisasi, perahu nelayan

Abstrak

Daerah pesisir Madura banyak terdapat perahu nelayan atau kapal penangkap ikan dengan berbagai jenis dan ukuran. Pembangunan kapal tradisional dilakukan oleh kelompok pekerja atau galangan kapal tradisional yang tidak permanen, kesiapan teknologi masih minim, dan tenaga kerja yang sangat terbatas. Khususnya di galangan tradisional wilayah pesisir Madura atau seluruh kawasan pesisir Indonesia yang masih mengandalkan kemampuan secara turun temurun sehingga sulit untuk mencapai ukuran kapal yang diinginkan oleh pemesan, bahkan penyimpangan ukuran dalam ton tersebut bisa mencapai 25 persen. Keadaan ini seperti ini menunjukkan lemahnya teknologi yang diterapkan di industri galangan kapal tradisional. Maka dari itu dilakukan pengembangan teknologi mesin dowel pembuat pasak kayu 3 in 1 dengan fungsi menyerut kayu, memotong kayu sesuai dengan keinginan serta melancipkan pasak atau kayu. Semua pekerjaan dilakukan dalam satu mesin yang dapat dilakukan secara otomatis dengan membuat pengaturan ukuran pasak yang diinginkan dan dijalankan dengan sistem mikrokontroler. Pengujian telah dilakukan pada mesin dowel 3 in 1 dengan menggunakan 2 motor, diperoleh rata-rata waktu sama dengan atau lebih dari 1 menit/ 1 buah pasak. Pengujian alat dengan menggunakan 1 motor diperoleh rata-rata waktu waktu kurang dari 30 detik untuk menghasilkan 1 buah pasak kayu.

Referensi

PUSDATIN Pusat Data, Profil Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Untuk Industrialisasi Kelautan dan Perikanan.

F. Mangngi, O. Aty, J. T. Mesin, and P. N. Kupang, “Perancangan Alat Bantu Pembentuk Pasak Kapal Kayu Sistem Pres Design of Forming Tools Peg Wooden Boat System Pres,” pp. 107–115.

A. Winata and A. M. Vanesha, “RANCANG BANGUN MESIN PEMBUAT DOWEL KAYU,” 2021.

P. Akhir, “RANCANG BANGUN MESIN DOWEL UNTUK PEMBUATAN KAYU SILINDER DENGAN DIAMETER 10 SAMPAI 20 MM UNTUK INDUSTRI GAGANG SAPU DAN SANGKAR BURUNG,” 2016.

H. M. H. Midi and R. S. Siswanto, “Perencanaan Dan Pembuatan Mesin Potong Kayu,” Sci. J. Mech. Eng. Kinemat., vol. 1, no. 2, pp. 61–74, 2016, doi: 10.20527/sjmekinematika.v1i2.28.

European Environment Agency (EEA), “Proses Perancangan Mesin Jig Saw,” vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Subagja, Sains Fisika Sma. Jakarta: Bumi Aksara.

Sularso, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pt. Paradnya Paramita, 2002.

J. Isma Putra Boy, Hidayat Alfan, Elemen Mesin Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

J. Rilatupa, “Pemanfaatan kayu pada bangunan di permukiman,” Univ. Kristen Indones., vol. 8, no. November, pp. 1–14, 2016, [Online]. Available: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/331

BKI, “Peraturan Kapal Kayu,” Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia, 1996.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Iswidodo, W., Fikri, M. A., Permata, T., & Abdullah, M. (2022). PENGEMBANGAN MESIN DOWEL 3 IN 1 PEMBUAT PASAK KAYU UNTUK PEMBANGUNAN PERAHU NELAYAN DI WILAYAH PESISIR MADURA . Injection: Indonesian Journal of Vocational Mechanical Engineering, 2(2), 58-64. https://doi.org/10.58466/injection.v2i2.1481

Terbitan

Bagian

Artikel