RANCANG BANGUN ALAT PENGERING KERUPUK RAMBAK IKAN LAUT DI KUBE SARI ENAK WOTGALEH SUKOHARJO

Penulis

  • Darsini Darsini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Suprapto Suprapto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Budi Wibowo Universitas Veteran Bangun Nusantara
https://doi.org/10.58466/injection.v3i1.1494

Kata Kunci:

Alat Pengering, Kerupuk, Ikan laut, Higienis

Abstrak

Kelurahan Sukoharjo merupakan salah satu kelurahan di pusat kota, tetapi pencaharian penduduknya yang buruh tani mencapai 1.485 orang, dan lainya mencapai 1.883 orang. Di Kelurahan ini juga terdapat 44 buah industri kecil yang bergerak di bidang produksi makanan kecil. Salah satu industri kecil tersebut telah membentuk kelompok usaha bersama disebut KUBE ”Sari Enak” yang saat ini masih terus berkembang. Penelitian ini dilaksanakan dengan penerapan aplikasi alat pengering bertujuan untuk memberikan teknologi tepat guna yang mudah, murah dan efisien pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam aplikasi alat ini adalah dengan penerapan alat pengering rambak dan pemberian alat materi/teori tentang teknologi alat pengering rambak. Aplikasi alat pengering ini adalah bisa menghemat waktu pengerjaan dalam proses penjemuran kerupuk ikan laut. Selain itu menjaga kerupuk rambak ikan laut tetap higienis dari awal proses produksi sampai penjemuran. Sehingga dengan alat ini kebersihan dan higienes tetap terjaga.

Referensi

Darsini and S. Hartati, Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Kelompok Usaha bersama (KUBE) Produksi Kerupuk Rambak Ikan Laut dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan. Sukoharjo: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 2014.

D. N. Afifah and G. Anjani, “Sistem Produksi dan Pengawasan Mutu Kerupuk Udang Berkualitas Ekspor,” Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, 2016.

E. . Subekti, “Optimasi Perencanaan Produksi Industri Kerupuk Udang/Ikan di Perusahaan Kerupuk Indrasari, Indramayu, Jawa Barat,” IPB, Bogor, 1998.

M. Astawan, Teknologi Pengolahan Pangan Hewani Tepat Guna. Jakarta.: Akademika Pressindo, 1988.

Edi and Hardoko, “Rancang Bangun Mesin Pengaduk Serba Guna. Laporan Penelitian.,” Semarang.: Program TTG, Dibiayai DIKNAS Provinsi Jawa Tengah, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-20

Cara Mengutip

Darsini, D., Suprapto, S., & Wibowo, B. (2024). RANCANG BANGUN ALAT PENGERING KERUPUK RAMBAK IKAN LAUT DI KUBE SARI ENAK WOTGALEH SUKOHARJO. Injection: Indonesian Journal of Vocational Mechanical Engineering, 3(1), 28-32. https://doi.org/10.58466/injection.v3i1.1494

Terbitan

Bagian

Artikel