PENCEGAHAN OVER HEATING MESIN MOBIL HILUX DOUBLE CABIN
Kata Kunci:
Over Heating, Radiator, Thermostat, Water PumpAbstrak
Kebutuhan manusia yang semakin meningkat pada dunia transportasi khususnya pada kendaraan roda dua atau lebih. Dalam dunia otomotif khususnya mobil dikenal berbagai macam sistem yang bekerja. Sistem-sistem tersebut bekerja saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, sehingga apabila salah satu dari sistem tersebut megengalami kerusakan, maka mobil akan mengalami kerusakan. seperti terjadinya kerusakan pada sistem pendingin yang dapat menyebabkan terjadinya over heating pada mesin. Over heating adalah terjadinya panas yang berlebihan di atas temperatur kerja mesin yang di akibatkan karena terjadinya kerusakan pada salah satu komponen sistem pendingin. Terjadinya over heating pada mesin mobil hilux double cabin disebabkan oleh kurangnya cairan pendingin, thermostat tidak berfungsi dengan baik, tutup radiator bocor, selang inlet dan outlet retak dan water pump rusak. Untuk menghindari terjadinya kerusakan maka harus dilakukan perawatan preventif. Pemeriksaan cairan pendingin pada reservoir radiator setiap 1 minggu dan penggantian cairan setiap 80.000 km. Penggantian thermostat setiap 80.000 km. Penggantian tutup radiator setiap 80.000 km. Penggantian selang inlet dan outlet setiap 80.000 km. Penggantian water pump setiap 80.000 km. dan penggantian v-belt setiap 60.000 km.
Referensi
Astra Motor. 1995. “New Step 2 Training Manual”. Jakarta: PT. Toyota Astra Motor
Anwir, BS, 1978, Teknik Mobil, PT. Bhratara Karya Aksara, Jakarta.
Daryanto, Drs, 2001, Teknik Servis Mobil, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Daryanto. 1994. “Reparasi Sistem Pendingin pada Mobil”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Daryanto. 2002. “Pemeliharaan Sistem Pendingin dan Sistem Pelumasan Mobil”. Bandung: Krama Widya
Kono Raflado, dkk. 2012. Analisa Volume Air Radiator. Proton. Vol 4 no 2/Hal 30-36
Trommelmans, J. 1968. Mesin Diesel, PT. Rosda Jaya Putra, Bandung