DAMPAK PENERAPAN KONSEP DESAIN MAGNETIC GEAR PADA PUTARAN GENERATOR

Penulis

  • Normansyah Normansyah Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1123

Kata Kunci:

Arus Bolak-Balik, Back EMF, Magnetic Gear

Abstrak

Generator listrik arus bolak-balik sudah dikenal luas dalam dunia kelistrikan. Semua generator listrik yang sampai sekarang diketahui oleh para ahli dalam bidang ini memerlukan peningkatan daya pengaktifan karena beban listrik diperlukan dari generator listrik. Dengan kata lain, dengan bertambahnya beban listrik pada generator, maka akan semakin banyak daya yang dibutuhkan oleh penggeraknya, apakah itu pembangkit bahan bakar fosil, tenaga air, atau yang lainnya. Generator adalah komponen penting pada pembangkit listrik. Generator merupakan rancangan mesin listrik yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Medan magnet akan berputar seuai dengan arah putaran ketika generator mendapatkan putaran dari luar yang kemudian mengakibatkan terjadinya induksi elektromagnetik pada kumparan.

 

Pada proses ini memperoleh data dengan terjun langsung ke lokasi proses jasa penggulungan generator atau motor listrik bengkel mekanik dan las. Serta mendapatkan informasi lainnya tentang permasalahan yang terdapat dilapangan seperti : menentukan koil dan proses penggulungan kumparan, dapat mengukur dan mengetahui kuat arus kumparan, dapat mengetahui proses pembubutan dan pengeboran bahan utama generator.

Jadi dampak penerapan magnetic gear pada putaran 375 rpm, kondisi putaran generator tanpa beban. Dan dampak penerapan magnetic gear pada putaran 366 rpm, kondisi putaran generator sesudah berbeban. Untuk mengurangi peningkatan daya yang dibutuhkan oleh pengerak akibat dari pertambahan beban listrik pada generator sehingga dapat mengakibatkan efesiensi dan mengurangi biaya produksi energi listrik pada generator tersebut.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-01

Cara Mengutip

Normansyah, N. (2022). DAMPAK PENERAPAN KONSEP DESAIN MAGNETIC GEAR PADA PUTARAN GENERATOR. Electrical Network Systems and Sources, 1(2), 45-50. https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1123

Terbitan

Bagian

Artikel