Rancang Bangun Generator Listrik Dengan Pole Modulator Sebagai Induktor Torsi Balik Yang Ditimbulkan Oleh Back Emf

Penulis

  • Normansyah Normansyah Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1124

Kata Kunci:

Generator, torsi balik, back emf

Abstrak

Penelitian ini berhubungan dengan generator listrik arus bolak-balik atau biasa dikenal generator AC ( alternating current). Generator AC sudah dikenal luas dalam dunia kelistrikan. Semua generator listrik memerlukan peningkatan daya pengaktifan disebabkan beban listrik yang pada generator tersebut. Dengan kata lain dengan bertambahnya beban yang diterapkan pada generator tersebut, maka semakin banyak daya yang dibutuhkan oleh penggeraknya, apakah sumber energinya dari bahan bakar minyak, tenaga air, angin atau lainnya.
Penelitian pada proyek akhir ini bertujuan untuk mengurangi peningkatan daya yang dibutuhkan oleh pengerak akibat dari pertambahan beban listrik pada generator sehingga dapat mengakibatkan efesiensi dan mengurangi biaya produksi energi listrik pada generator tersebut.
Untuk menghindari perubahan yang menyebabkan gaya induksi dengan menyediakan medan magnet lawan atau menginduksikan kembali gaya gerak listrik balik atau Back EMF tersebut terhadap pengerak generator untuk dapat mengurangi torsi awal yang dibutuhkan sehingga dapat mengurangi daya yang dibutuhkan oleh penggerak seiring dengan penambahan beban pada generator. Dengan demikian bisa mengurangi biaya operasional pembangkitan listrik dari generator tersebut.
Adapun desain awal dari spesifikasi dari generator ini adalah, Daya luaran 2.200 watt, tegangan induksi 220 volt, 1 phasa, frekuensi 50 Hz, kecepatan putaran generator 375 rpm.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-01

Cara Mengutip

Normansyah, N. (2022). Rancang Bangun Generator Listrik Dengan Pole Modulator Sebagai Induktor Torsi Balik Yang Ditimbulkan Oleh Back Emf. Electrical Network Systems and Sources, 1(2), 40-44. https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1124

Terbitan

Bagian

Artikel