Rancang Bangun Generator Magnet Permanen 16 Kutub untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Penulis

  • Normansyah Normansyah Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1120

Kata Kunci:

generator, energy angin, turbin angin, electricity, magnet

Abstrak

Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama saat ini. Hal tersebut telah menjadi kenyataan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern yang memiliki kemajuan dalam bidang informasi dan teknologi. Energi merupakan salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Penggunaan bahan bakar untuk pembangkit listrik konvensional dalam jangka panjang akan menghabiskan sumber minyak, gas dan batubara yang semakin menipis serta dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu sumber energi yang ramah lingkungan adalah pemanfaatan energi terbarukan, salah satunya energi angin. Energi angin akan digunakan sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi mekanik yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Penggunaan energi angin diharapkan dapat mengurangi penggunaan listrik PLN. Generator adalah suatu mesin yang dapat mengubah energi gerak (mekanik) menjadi energi listrik. (listrik). Pada pembangkit listrik tenaga angin, generator bergerak karena energi (potensial) angin yang masuk ke sudu-sudu dan menghasilkan energi kinetik, kemudian energi kinetik yang dihasilkan memutar rotor mesin, putaran ini disebut energi mekanik, kemudian mesin mengubah tenaga mekanik menjadi energi listrik.
Perancangan, perancangan dan pembuatan generator magnet permanen dengan daya 150 W digunakan untuk keperluan pembangkitan energi listrik dari energi angin kecepatan rendah. Komponen yang digunakan adalah: Medan magnet, 12 buah magnet dengan ukuran 2×1 cm, kawat email 0,4 mm, poros, bantalan, lampu DC 12 Volt untuk pengujian genset.Rancangan generator magnet permanen ini memiliki budget desain sebesar Rp1.612.000.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-01

Cara Mengutip

Normansyah, N. (2022). Rancang Bangun Generator Magnet Permanen 16 Kutub untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Electrical Network Systems and Sources, 1(2), 21-26. https://doi.org/10.58466/entries.v1i2.1120

Terbitan

Bagian

Artikel