PERAN GURU SLB DALAM OPTIMALISASI POTENSI AKADEMIK ANAK TUNADAKSA

Penulis

  • Diana Susilowati Universitas Trunojoyo Madura
  • Nova Estu Harsiwi Universitas Trunojoyo Madura
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i1.1821

Kata Kunci:

Tuna daksa, kepribadian, interaksi social, simbol social, inklusi

Abstrak

Tunadaksa adalah kondisi fisik yang dialami seseorang yang mengganggu kemampuan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anak-anak penyandang tuna daksa menghadapi tantangan tidak hanya fisik tetapi juga sosial dan psikologis, yang dapat memengaruhi pembangunan kepribadian dan pemahaman diri mereka. Lingkungan sosial anak sangat penting untuk membangun kepercayaan diri dan kemampuan adaptasi mereka, terutama selama masa remaja yang penuh dengan perubahan dan pencarian identitas. Studi ini dilakukan di SLB PGRI Kamal, yang merupakan representasi dari lembaga pendidikan yang membantu anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan menggunakan pendekatan konseptual berbasis kajian literatur, penelitian ini menyelidiki pentingnya dukungan lingkungan dan pemaknaan simbolik dalam kehidupan sosial anak tuna daksa. Hasil diskusi menunjukkan bahwa penerimaan lingkungan dan interaksi sosial yang sehat dapat mempengaruhi kepribadian anak secara positif. Makna diri dan identitas sosial anak tuna daksa dibentuk oleh simbol sosial yang disepakati dalam interaksi kelompok. Oleh karena itu, untuk mendukung pertumbuhan anak tuna daksa agar mereka dapat berkembang secara optimal di masyarakat, pendekatan yang humanis, inklusif, dan berfokus pada potensi individu sangat penting. Diharapkan bahwa penelitian ini akan

Referensi

Al Munajar, M. R., Latifah, Z. K., & Adri, H. T. (2025). Peran guru sebagai evaluator terhadap minat belajar siswa melalui penilaian proses dan hasil belajar siswa kelas tinggi di sekolah dasar. AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 91–96. https://doi.org/10.30997/alkaff.v3i2.18897

Amelasasih, P. (2016). Resiliensi orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. PsikosaIns, 11(2), 72–81.

Bastomi, M. I. (2025). Pengembangan karir guru sebagai tenaga pendidik dalam mewujudkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 5(2), 36–44. DOI: https://doi.org/10.69775/jpia.v5i2.340

Camelia, I. A., & Tasaufy, F. S. (2024). Eco-connectivity pada manajemen pembelajaran entrepreneur anak berkebutuhan khusus. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 8(2), 111–119. https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p111-119

Cahya, D. E., Susanto, E., & Sanusi, A. R. (2024). Peran guru Pendidikan Pancasila sebagai motivator dalam meningkatkan karakter disiplin siswa SMPN 3 Karawang Barat. Journal of Education Research, 5(4), 4410–4417. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1572

Febriani, I. (2018). Penerimaan diri pada remaja penyandang tuna daksa. Psikoborneo, 6(1), 150–157.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Laora, J. (2016). Konsep diri penyandang tuna daksa di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2), 1–14.

Majid, M. A. A. (2024). Kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator: Upaya meningkatkan kinerja guru. Andragogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 138–152. https://doi.org/10.31538/adrg.v4i2.1306

Ndek, F. S., Weo, M. S., Bate, M., & Lulu, M. J. (2023). Peran fasilitas pendidikan dalam meningkatkan pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 39–49. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2110

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 328–343. https://doi.org/10.46799/syntaxidea.v7i4.12827

Syifaurrahmah, S., Fiqriani, M., Karoma, K., & Idi, A. (2025). Strategi Mengajar yang Efektif dan Peran Guru Sebagai Kunci Pembelajaran Bermakna. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 244–254. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i1.364

Sihombing, S., & Rahmadi, P. (2024). Guru Kristen sebagai pembimbing dan penuntun dalam konsep kelas tiga dinding Ki Hajar Dewantara melalui pembelajaran autentik. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 6(1). https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1572

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-01

Cara Mengutip

Susilowati, D., & Estu Harsiwi, N. (2025). PERAN GURU SLB DALAM OPTIMALISASI POTENSI AKADEMIK ANAK TUNADAKSA . ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(1), 43-49. https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i1.1821

Terbitan

Bagian

Artikel