Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pelatihan Produksi Sirup dan Permen Buah Pedada, Pemasaran Online melalui Website, dan Pengembangan Paket Wisata untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Penulis

  • Darmanto Darmanto Politeknik Negri Ketapang
  • Martanto Martanto Politeknik Negeri Ketapang
  • A Nova Zulfahmi Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i2.1404

Kata Kunci:

Digital Marketing; Sirup Buah Pedada; Sonneratia Caseolaris

Abstrak

Desa Kuala Satong, terletak di Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, memiliki Kawasan Hutan Mangrove seluas 6 hektare yang dikelola oleh Pokdarwis desa dan berbagai organisasi peduli lingkungan. Meskipun menjadi destinasi wisata, beberapa kendala dihadapi, seperti belum dimanfaatkanya hasil hutan mangrove untuk menjadi produk yang memiliki nailai ekonomi, belum optimalnya pengelolaan paket wisata, dan minimnya pemahaman masyarakat terkait promosi melalui website. Dalam upaya meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, kegiatan pengabdian dilakukan melalui pengolahan buah pedada, pelatihan pengelolaan website, konten media sosial, dan homestay berstandar CHSE. Fokusnya adalah pemahaman tentang paket wisata untuk meningkatkan daya tarik pengunjung. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik langsung. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan buah pedada secara ekonomis serta mendukung pengembangan wisata Hutan Mangrove sebagai destinasi unggulan. Penggunaan website diharapkan dapat meningkatkan publikasi wisata dan produk unggulan Desa Kuala Satong. Hasil pelatihan diharapkan memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemasaran produk secara berkelanjutan

Referensi

Kemennterian Kelautan dan Perikanan, (2022). Profil Kawasan Konservasi.

Gobel, S. F. P., & Wunarlan, I. (2023). KONSERVASI MANGROVE SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG KAWASAN EKOWISATA DI WILAYAH PESISIR. 1(01).

Leksono, T. (t.t.). Pemanfaatan Buah Mangrove Pedada (Sonneratia caseo- laris) sebagai Pembuatan Sirup terhadap Penerimaan Konsumen.

Nugroho, P. E. R., & Purnomo, P. W. (2020). ANALYSIS OF CHANGES IN MANGROVE AREA IN THE NORTH COAST OF CENTRAL JAVA PROVINCE INDONESIA. 16(3).

Rapitasari, D. (2016). DIGITAL MARKETING BERBASIS APLIKASI SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN. 10(2).

Ratna Gumilang, R. (2019). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HASIL HOME INDUSTRI. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Salsabila, D. I., Machfidho, A., Salsabila, R. A., Anggraini, A. V., Prasetyo, A. D., Rahmatullah, A. A., Ramadhani, N. H., Shobiro, N. S., Maharani, D. R., & Husna, A. ‘Ishmatul. (2022). Pengolahan Buah Mangrove Pedada (Sonneratta caseolaris) Sebagai Sirup di Kawasan Sukorejo, Gresik. Sewagati, 7(1). https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i1.445

Sama, H., Wibowo, T., & Putra, E. Y. (2019). Digital Marketing untuk Pariwisata di Desa Sembulang. Empowering Society.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Darmanto, D., Martanto, M., & Nova Zulfahmi, A. . (2023). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pelatihan Produksi Sirup dan Permen Buah Pedada, Pemasaran Online melalui Website, dan Pengembangan Paket Wisata untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 684-690. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i2.1404

Terbitan

Bagian

Artikel