Pelatihan Digital Marketing UMKM Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang

Penulis

  • Risnawati Risnawati Institusi Universitas Tadulako
  • Mas’adah Mas’adah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Cuk Triono Singgih Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Yanuangga Galahartlambang Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Yulia Firdawati Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1325

Kata Kunci:

UMKM, Digital marketing

Abstrak

Dampak dari COVID 19 sangatlah berdampak menurunnya pemasaran produk bagi dnia usaha termasuk UMKM terutama masih menggunakan tradisional. Berdasarkan problematika tersebut memaksakan pelaku UMKM diharuskan melakukan perubahan dalam pemasaran peoduknya melalui media social atau dikenal digital marketing. Tujuan kegiatan abdimas ini memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi UMKM tentang digital marketing bagi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Metode kegiatan abdimas yakni ceramah, diskusi dan pelatihan secara langsung kepada pelaku UMKM. Peserta abdimas yakni para pelaku UMKM di kawasan Pondok Pesantren belum mengetahui sistem digital marketing untuk menawarkan produk. Sebanyak jumlah paguyuban sekitar 125 pelaku usaha yang mengikuti 15 orang. Hasil dari abdimas yakni peserta mendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai digital marketing mulai dari pengertian, jenis, dan pemanfaatannya bagi pemasaran produk UMKM dan peserta dapat membuat konten dan caption sebagai pendukung postingan gambar/foto/video produk dalam akun Instagram.

Referensi

Erick Karunia, Ahmad Juliana, Syahran, Ahmatang, Nurul Hidayat, Budi Hasyim, Muh. Irfandy Azis, & Shalahuddin. (2021). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Atrabis.

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Sholawati, L. D., Laila, Z. F., Kumaeroh, N. A., & Syalima, I. (2020). UPAYA MENINGKATKAN NILAI EKONOMI PELAKU UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DUSUN KARANGANYAR. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3206

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Risnawati, R., Mas’adah, M., Triono Singgih, C. ., Galahartlambang, Y. ., & Firdawati , Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing UMKM Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 423-425. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1325

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama