Kemampuan Beradaptasi UMKM Digital Kota Palu

Penulis

  • Risnawati Risnawati Institusi Universitas Tadulako
  • Syahir Natsir Institusi Universitas Tadulako
  • Niluh Putu Evvy Rossanty Institusi Universitas Tadulako
  • Wiri Wirastuti Institusi Universitas Tadulako
  • Rudy Gosal Institusi Universitas Tadulako
  • Faruq A. H. Lamusa Institusi Universitas Tadulako
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1324

Kata Kunci:

Kemampuan adaptasi

Abstrak

Setelah COVID 19 diumumkan sebagai pandemi global, bisnis tiba-tiba mengubah seluruh haluan mulai dari proses kerja, strategi bisnis hingga hal yang paling mendasar seperti interaksi. COVID-19 juga mengubah pola perilaku konsumen, semua orang akan mulai terbiasa dengan belanja online. Adaptasi digital UKM diperlukan untuk menghadapi kondisi yang ada. Kemampuan adaptasi inilah yang akan disosialisasikan kepada UKM khas Kota Palu. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang kemampuan beradaptasi bagi pelaku UMKM digital kota Palu agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan bisnis yang cepat berubah sesuai tuntutan pasar. Para pelaku UMKM kuliner khas kota Palu sangat antusias menerima kedatangan tim pengabdian, sambil memperlihatkan kondisi terkini yang dihadapi selama masa pandemi covid-19. UMKM kuliner khas kota Palu membutuhkan pendampingan dalam membuat keputusan bisnis. Selain itu UMKM kuliner khas kota Palu juga membutuhkan skill up atau bahkan new skill agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan bisnis yang cepat berubah sesuai tuntutan pasar.

Referensi

Ambar, R., & Sari, W. P. (2021). Komunikasi Pemasaran UMKM dalam Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Hello Cafe). Prologia. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10107

Miles, R. E., Snow, C. C., Meyer, A. D., & Coleman, H. J. (1978). Organizational strategy, structure, and process. Academy of Management Review. Academy of Management. https://doi.org/10.5465/AMR.1978.4305755

Muafi, Grabara, J., Sudiyarto, & Siswanti, Y. (2019). Business strategy, organizational structure, work processes: are the alignment?: Acces la Success Acces la Success. Calitatea.

Noordyanto, N. (2021). Fungsi Signage Mcdonald’s Drive Thru dalam Perspektif Sosial Budaya. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain. https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4718

Ployhart, R. E., & Bliese, P. D. (2006). Individual Adaptability (I-ADAPT) Theory: Conceptualizing the Antecedents, Consequences, and Measurement of Individual Differences in Adaptability. In Advances in Human Performance and Cognitive Engineering Research. https://doi.org/10.1016/S1479-3601(05)06001-7

Pulakos, E. D., Schmitt, N., Dorsey, D. W., Arad, S., Hedge, J. W., & Borman, W. C. (2002). Predicting adaptive performance: Further tests of a model of adaptability. Human Performance. https://doi.org/10.1207/S15327043HUP1504_01

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Risnawati, R., Natsir , S. ., Putu Evvy Rossanty , N. ., Wirastuti , W. ., Gosal , R. ., & A. H. Lamusa , F. . (2022). Kemampuan Beradaptasi UMKM Digital Kota Palu. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 419-422. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1324

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama