Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Active And Fun Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Herwin Tri Ananda Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Safiruddin Al Baqi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1313

Kata Kunci:

Active and Fun Learning, Bahasa Inggris, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang dipelajari pada semua jenjang pendidikan. Metode pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat siswa aktif belajar dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar dengan pendekatan active and fun learning. Pengabdian ini menggunakan metode eksperimen.dengan desain one group pretest-posttest, dimana seluruh siswa kelas V SD N 1 Grogol yang berjumlah 13 siswa menjadi kelas eksperimen. Pelaksanaan pengabdian terdiri dari tiga tahapan, yakni pretest, kegiatan belajar mengajar (treatment), dan posttest. Nilai mean dari hasil pretest diperoleh sebesar 52.31 dan posttest sebesar 83.46. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan active and fun learning dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa kelas V di SD N 1 Grogol

Referensi

Anak Agung Putri Maharani, Luh Ketut Sri Widhiasih. “Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Saraswati 5 Denpasar” 05 (September 2016).

Azizah, Dinar Martia, and Anesa Surya. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris SD Berbasis Budaya di Yogyakarta.” Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 1 (July 1, 2017). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13052.

Dr. R. Masykur, M.Pd. Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. September 2019. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja, 2019.

Faridatuunnisa, Ichda. “Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.,” 2020, 9.

Fauza, Hayatun, Bustami Usman, and Asnawi Muslem. “Improving Students’ Speaking Skill and Motivation by Using Hand Puppets Show Media,” 2018, 13.

Fitriyani, Eka, and Putri Zulmi Nulanda. “Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 4, no. 2 (December 30, 2017): 167–82. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744.

Gunawan, Muhammad Ali. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing, 2013.

Gushendra, Rizky. “An Experimental Study: Improving Students’ Vocabulary Mastery by Using English Songs.” Indonesian Journal of Integrated English Language Teaching 3, no. 1 (September 8, 2017). https://doi.org/10.24014/ijielt.v3i1.3968.

Hidayati, Ratri Nur, and Arum Priadi. “Pendekatan Active and Fun Filled Based pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak,” 2018, 12.

Iswari, Fitria. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar.” DEIKSIS 9, no. 02 (August 29, 2017): 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375.

Juanda, Dr. Anda. Landasan Kurikulum Dan Pembelajaran: Berorientasi Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013. June 2014. Margahayu Raya Bandung: CV. Confident, n.d.

Maili, Sjafty Nursiti. “Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan” 6 (2018): 6.

Media, Kompas Cyber. “Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD.” KOMPAS.com, October 11, 2012. https://edukasi.kompas.com/read/2012/10/11/11404612/~Edukasi~News.

Nurapriani, Reni, Revita Yanuarsari, Agus Ruswandi, Hendi Muchtar, and Luki Hakim. Indonesian Vocabulary Learning for Early Childhood Using Paper Puppet Media, 2019. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281317.

“Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar,” n.d.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.

Suharsimi, Arikunto. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktik.” Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka, 2012.

Sujarweni, Wiratna. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Alfabeta, 2015.

Sya, Mega Febriani, and Fachri Helmanto. “Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia.” Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (April 28, 2020): 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348.

Winataputra, Dr Udin S. “Landasan Pendidikan Sekolah Dasar,” n.d., 47.

Yamin, M. “Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar” 1, no. 5 (2017): 16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Tri Ananda, H., & Al Baqi, S. . (2021). Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Active And Fun Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 273-284. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1313

Terbitan

Bagian

Artikel