Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia di MTs Sabilul Muhtadin Kabupaten Bangka

Penulis

  • Euis Asriani Universitas Bangka Belitung
  • Ririn Amelia Universitas Bangka Belitung
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1297

Kata Kunci:

Multimedia, Pembelajaran Matematika, Sabilul Muhtadin

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa MTS Sabilul Muhtadin dalam pembelajaran matematika berbasis multimedia. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan untuk menyajikan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Adapun peserta kegiatan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Untuk mengetahui efektifitas pendekatan ini disebarkan angket/kuesioner sesudah pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk diagram pie. Pada aspek kepuasan pelaksanaan pembelajaran, persentase tertinggi terletak pada  kelompok yang merasa puas yakni sebesar 70%. Pada aspek ketertarikan terhadap pembelajaran, sebanyak 66.67% menyatakakan sangat tertarik terhadap pembelajaran berbasis multimedia. Adapun pada aspek motivasi, semangat, dan keaktifan, persentase tertinggi terdapat pada kelompok termotivasi, semangat, dan aktif, yakni masing-masing sebesar 60%.  Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis multimedia secara umum menumbuhkan kepuasan, ketertarikan, semangat, keaktifan,  motivasi belajar, dan pemahaman siswa

Referensi

BPS Kabupaten Bangka, 2020.

N. R. Siregar, “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game,” Pros. Temu Ilm. X Ikat. Psikol. Perkemb. Indones., pp. 224–232, 2017.

“Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Dian Mustika Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika,” 2015.

S. M.Pd, “Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016,” EduTech J. Ilmu Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 2, pp. 117–131, 2016.

I. Widoretno, “Metode Mengajar Guru Matematika Dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Keryatasa Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012 / 2013,” 2013.

N. Syamarro, W. Winarso, and S. Saluky, “Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus Dan Balok).,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 4, no. 2, 2015.

R. Raini, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii.2 Smp Negeri 21 Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 169–175, 2018.

N. Suarti, “Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vii.9 Smpn 21 Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 163–168, 2018.

E. B. Soewono, “pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia,” vol. 2, no. 2, p. undefined-4, 2018.

R. D. F. D. Kusuma, S. P. Nasution, and B. S. Anggoro, “Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer,” Desimal J. Mat., vol. 1, no. 2, p. 191, 2018.

A. I. W. Y. Sukmana, I. M. Candiasa, and I. M. Kirna, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berpendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Singajara,” e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, Progr. Stud. Teknol. Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 1–13, 2013.

A. Suranto, “Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Kelas Rendah,” J. Prima Edukasia, 2019.

Y. Andinny and I. Lestari, “Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Kaji. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 2, pp. 169–179, 2016.

R. S. Samosir and R. J. Antoro, “Sistem Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia,” Semantik, vol. 2012, no. Semantik, pp. 95–101, 2012.

A. Akbar and N. Noviani, “Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. Pgri Palembang, vol. 2, no. 1, pp. 18–25, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Asriani, E., & Amelia, R. . (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia di MTs Sabilul Muhtadin Kabupaten Bangka. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 90-97. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1297

Terbitan

Bagian

Artikel