Pendampingan Mahasiswa dalam Pengembangan Bisnis Digital

Penulis

  • Merina Pratiwi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Amiroel Oemara Syarief Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1182

Kata Kunci:

Pendampingan, Mahasiswa, Bisnis Digital

Abstrak

Bisnis digital merupakan sebuah startup bisnis untuk mendorong wirausaha baru yaitu mahasiswa mempunyai pengetahuan manajerial yang sangat baik dan produk yang inovatif. Mahasiswa sebagai pelaku usaha baik baru merintis maupun berbasis mikro terhalang kendala dengan minimnya pengetahuan digital mahasiswa dalam berbagai keunikan mulai dari model bisnis hingga pengalaman pelanggan (customer experience). Selain itu minimnya pengetahuan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi atau digitalisasi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan pengembangan bisnis digital meliputi strategi pengembangan produk dan kemasan, sarana dan prasarana, dan strategi promosi dan komunikasi pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian ini adalah sebagian mahasiswa telah memahami tentang desain kemasan produk yang menarik serta berupaya menggunakan platform sebagai sarana promosi sesuai produk yang dihasilkan. Melalui pengabdian ini diharapkan mahasiswa dapat tetap terus berwirausaha dengan berinovasi menciptakan produk baru.

Referensi

Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Hermawan, I., Reniawaty, D., Pramuditha, P., & Fusdsyi, M. I. (2022). Pelatihan E-Commerce Untuk Mendapatkan Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa Politeknik LP3I Bandung Pasca Pandemi Covid 19 (bekerjasama dengan UMKM Kirihuci sebagai pelatih e-commerce). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 96–106. http://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/932

Lutfiani, N., Rahardja, U., & Manik, I. S. P. (2020). Peran Inkubator Bisnis dalam Membangun Startup pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.2727

Muniarty, P., Wulandari, W., Saputri, D., Wahdaniyah, A., Syaframis, N. F., Rimawan, M., & Alwi, A. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–183. https://doi.org/10.54951/comsep.v2i2.84

Nur, N., & Wijayanti, L. L. (2020). Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2020 Univeristas Muhammadiyah Jakarta, 1–6.

Rahmana, A., Fauzi, M., & Suyono, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung. Al-Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.15575/jak.v4i1.12128

Rahmawati, V., Tulipa, D., & Sancoko, A. H. (2021). Pembentukan Komunitas Youth Entrepreneurial Acceleration Center (Yeac) Sebagai Usaha Akselerasi Wirausaha Muda Mahasiswa Fakultas Kewirausahaan Unika Widya Mandala Surabaya Dalam Menghasilkan Produk Inovatif. Journal Community Service Consortium, 2(2). https://doi.org/10.37715/consortium.v2i2.3297

Sari, W. (2022). Pendampingan Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahan Umkm Ultra Mikro Melalui Pemanfaatan Digital Marketing. Journal of Empowerment, 2(2), 193. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1652

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Pratiwi, M. ., Urva, G., & Oemara Syarief, A. . (2023). Pendampingan Mahasiswa dalam Pengembangan Bisnis Digital. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 9-13. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1182

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama