Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekolah Dasar di UPT SDN.060835 Medan Barat

Penulis

  • Weni Sapira Matondang Universitas Sumatera Utara
  • Gusti Pirandy Universitas SUmatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Sumateras Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1103

Kata Kunci:

kampus merdeka, kemampuan membaca, sekolah dasar

Abstrak

Kampus mengajar adalah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) sehingga mampu mengadakan proses belajar mengajar yang efektif. Melalui program kampus mengajar,mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam membantu kegiatan belajar mengajar, membantu administrasi sekolah yang menjadi tempat penugasan. Kampus mengajar mitra USU dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bagi mahasiswa, menambah pengalaman serta untuk menerapkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Penulis ditempatkan di SD Negeri 060835 jl. Sei deli no.3 kelurahan Silalas Kec. Medan barat. Pada pelaksanaan program ini penulis memfokuskan pada belajar membaca karena banyak murid yang di kelas atas yang masih belum bisa membaca. Dalam program ini metode yang digunakan adalah metode pekerjaan sosial yaitu group work. Hal ini dilakukan karna penulis berasal dari jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Referensi

Aka Andri Kukuh, 2016, Model Kuantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKN, Universitar Nusantara Kediri.

BP Rahman Abd Dkk, 2022. Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Jurnal Alurwatul wutsa:kajian pendidikan islam. Vol.2.No 1. hal 2-3.

Harianto Erwin, 2020, Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Membaca

Irdawati, Dkk, 2019. Mmeningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di Min Buol. Vol. 5 no.4. hal 3-4.

Dispusipda, 2016 “15 manfaat membaca dalam kehidupan

Pramesti fitria, 2019, Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD, volum1 (hlm 284 – 289). Tulungagung : STKIP PGRI

Shofaussamawati, 2014, Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan Pada Anak sejak Dini, STAIN Kudus

Patiung Dahlia, 2016, Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual, UIN Alauddin Makassar

Widianto Eko, Subyantoro, 2015, Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi menggunakan Metode SQ3R dengan media gambar, Universitas semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Sapira Matondang, W. ., Pirandy, G. ., & Nurbaiti, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekolah Dasar di UPT SDN.060835 Medan Barat. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 607-614. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1103

Terbitan

Bagian

Artikel