Menanamkan Etika dengan Membentuk Anak Berkepribadian Melalui Sopan Santun

Penulis

  • Christin Debora Purba Universitas Sumatera Utara
  • Gusti Pirandy Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1343

Kata Kunci:

Praktik Kerja Lapangan, Mini Project, Sopan Santun, Social Groupwork

Abstrak

Penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan II di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pematang Siantar. Namun, penulis melakukan project mini dengan anak-anak tetangga di sekitar rumah. Project mini yang dilakukan oleh penulis yaitu membentuk anak berkepribadian melalui sopan santun. Adapun masalah yang dialami oleh klien daripada penulis yaitu kurangnya sikap sopan santun anak sehingga kalau tidak diajarkan dari sekarang dapat berdampak negatif di masa pertumbuhan mereka nantinya. Dari masalah tersebut maka penulis tertarik dan memiliki tujuan untuk menanamkan etika dengan membentuk anak berkepribadian melalui sopan santun yang merupakan mini project dari penulis ini. Penulis memiliki klien (kelompok) yang mengalami masalah tersebut. Dimana kelompoknya terdiri dari anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) Penulis menggunakan tahapan social groupwork yaitu dari tahap persiapan sampai dengan tahap terminiasi. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Problem Tree (Pohon Masalah). Setelah melakukan semua tahapan social groupwork adapun hasil yang dihadapkan oleh penulis agar klien dapat menanamkan etika dengan membentuk anak bersikap sopan santun sehingga keterampilan sosial anak menjadi lebih berkembang dan juga memudahkan anak saat berinteraksi dengan orang lain, dan dapat memperlakukan orang lain dengan rasa hormat.

Referensi

Adi, I. R. (2013). Intervensi : Komunitas Dan Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Adi, I. R. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Allinda Hamidah, A. N. (2021, April). PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI BUDAYA JAGA REGOL. Volume 02, No.01, 69-79.

Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fannia Sulistiani Putri, H. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 6, 4987-4994.

Hanifan, T. (2023, Agustus 14). Pentingnya Sopan Santun untuk Anak-Anak SD.

Kurniasih, E. (2022, Januari 10). Cara Mengajarkan Sopan Santun Siswa di Kelas.

Miftahul Janah, d. (2023, Juni 1). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGREDASI MORAL SOPAN SANTUN PADA SISWA KELAS V SD X GUGUK MALALO. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3, No.1, 48-55.

Ujiningsih, S. D. (n.d.). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Debora Purba, C., & Pirandy, G. . (2024). Menanamkan Etika dengan Membentuk Anak Berkepribadian Melalui Sopan Santun. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 25-30. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1343

Terbitan

Bagian

Artikel