Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Didalam Mewujudkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Geby Claudia Purba Universitas Sumatera Utara
  • Berlianti Berlianti Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i2.1094

Kata Kunci:

Budaya Gemar Membaca, Prestasi Siswa, Praktik Kerja Lapangan I

Abstrak

Guru sebagai pendidik sebaiknya memberikan teladan yang baik bagi siswa didalam budaya gemar membaca. Selain guru, orang tua juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan budaya gemar membaca, sebab waktu yang terbanyak dimiliki oleh siswa adalah waktu saat mereka bersama dengan orang tuanya dirumah. Lingkungan juga mempengaruhi tumbuhnya budaya gemar membaca. Hal ini bisa kita lihat pada saat siswa sudah tidak berada di sekolah, maka tidak bisa dipungkiri siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV, memainkan gadget dan siswa menggunakan untuk chatting dengan berbagai aplikasi. Perlu ditanamkan dalam diri siswa adanya budaya gemar membaca dan kesadaran akan manfaat membaca dengan hal tersebut siswa menyadari dengan hal membaca dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Proses penyelesaian masalah tersebut dilakukan pada kegiatan mini project PKL 1 dengan menggunakan metode casework, melalui tahap intervensi secara umum yang terdiri dari Keterlibatan, Penerimaan, Kontrak, Penilaian, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi dan Penghentian. Yang menjadi fokus dari proses penyelesaian masalah klien adalah kurang adanya budaya gemar membaca buku. Hal tersebut disebabkan karena klien kurang adanya keinginan membaca buku. Tujuan dari program telah tercapai, dibuktikan melalui klien selalu mengulang kembali dirumah mata pelajaran yang diajarkan di sekolahnya. Klien selalu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dengan tepat.

Referensi

Adi, Isbandi Rukminto. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Oktarina, Ary. (2018). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di SDN Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Salsabilah, I. D., Hakim & Z. R., Taufik, M. (2020). Proses Penanaman Karakter Gemar Membaca Pada Siswa Kelas III Melalui Pelaksanaan Program Literasi Di SDN Banjar Sari 5. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (2).

Sari, Citra Pratama. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Claudia Purba, G. ., & Berlianti, B. (2023). Menumbuhkan Budaya Gemar Membaca Didalam Mewujudkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 513-517. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i2.1094

Terbitan

Bagian

Artikel