Tanggap Kedaruratan Tersedak Anak Dan Penatalaksanaan Pada Keluarga Di Kelurahan Balocci Baru Kec. Balocci Kab. Pangkep
Kata Kunci:
Tanggap Kedaruratan, Tersedak, AnakAbstrak
Tersedak merupakan kondisi tersumbatnya saluran udara bagian atas oleh makanan atau benda lain yang mengakibatkan gangguan pernapasan. Metode yang digunakan dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini di mulai dari survey awal, rumusan masalah, pre test, pelaksanaan kegiatan dan Post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dari tingkat pengetahuan orang tua dalam memberikan pertolongan pertama kejadian tersedak pada anak. Dari hasil presentasi menunjukkan 63% mengalami peningkatan pengetahuan baik dan 37% mengalami peningkatan cukup. Diharapkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini membantu masyarakat khususnya orang tua yang memiliki anak usia sekolah yang rentang terjadinya tersedak, dapat memberikan pertolongan pertama guna mencegah terjadinya kecacatan atau kematian.
Referensi
Abdullat, E. M., Ader-Rahman, H. A., Al Ali, R., & Hudaib, A. A. (2015). Choking among infants and young children. Jordan Journal of Biological Sciences, 8(3), 205–209. https://doi.org/10.12816/0026959
Alhidayat, N. S., Arafat, R., & Kadar, K. S. (2021). Experiences of stroke patients and the caregiver after discharge from hospital: A literature review. Enfermería Clínica, 31, S817–S820. https://doi.org/10.1016/J.ENFCLI.2021.07.037
Alhidayat, N. S., & Latif, A. I. (2022). The Effectiveness Of The Combination Of Demonstration And Role-Play Methods To Improve Knowledge About Choking Management. Journal of Islamic Nursing, 7(2), 50–56. https://doi.org/10.24252/JOIN.V7I1.32577
Behboudi, F., Pouralizadeh, M., Yeganeh, M. R., & Roushan, Z. A. (2022). The effect of education using a mobile application on knowledge and decision of Iranian mothers about prevention of foreign body aspiration and to relieve choking in children: A quasi-experimental study. Journal of Pediatric Nursing, 62, e77–e83. https://doi.org/10.1016/J.PEDN.2021.07.007
Bentivegna, K. C., Borrup, K. T., Clough, M. E., & Schoem, S. R. (2018). Basic choking education to improve parental knowledge. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 113, 234–239. https://doi.org/10.1016/J.IJPORL.2018.08.002
Chang, D. T., Abdo, K., Bhatt, J. M., Huoh, K. C., Pham, N. S., & Ahuja, G. S. (2021). Persistence of choking injuries in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 144, 110685. https://doi.org/10.1016/J.IJPORL.2021.110685
Ganfure, G., Ameya, G., Tamirat, A., Lencha, B., & Bikila, D. (2018). First aid knowledge, attitude, practice, and associated factors among kindergarten teachers of Lideta sub-city Addis Ababa, Ethiopia. PLOS ONE, 13(3), 1–15. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0194263
Issack, A. M., Jiru, T., & Aniley, A. W. (2021). Assessment of knowledge, attitude and practice on first aid management of choking and associated factors among kindergarten teachers in Addis Ababa governmental schools, Addis Ababa, Ethiopia. A cross-sectional institution-based study. PLOS ONE, 16(7), e0255331. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0255331
Sidell, D. R., Kim, I. A., Coker, T. R., Moreno, C., & Shapiro, N. L. (2013). Food choking hazards in children. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 77(12), 1940–1946. https://doi.org/10.1016/J.IJPORL.2013.09.005