Pelatihan Pemijahan Ikan dengan Metode Kawin Suntik dan Pengkayaan Pakan dengan Tepung Kunyit di SMKN 1 Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan

Penulis

  • Kartina Kartina Universitas Borneo Tarakan
  • Awaludin Awaludin Universitas Borneo Tarakan
  • Miska Sanda Lembang Universitas Borneo Tarakan
  • Nasra Nasra Universitas Borneo Tarakan
  • Salman .S Universitas Borneo Tarakan
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Borneo Tarakan
  • Nurasmi Nurasmi Universitas Borneo Tarakan
  • Christine Dyta Nugraeni Universitas Borneo Tarakan
  • M. Gandri Haryono Universitas Borneo Tarakan
  • Alawiyah Alawiyah Universitas Borneo Tarakan
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1260

Kata Kunci:

Ikan lele, Kawin Suntik, Modifikasi Pakan, Tepung Kunyit

Abstrak

Ikan lele (Clarias sp.) adalah salah satu komoditas perikanan air tawar yang diunggulkan karena bernilai ekonomis tinggi, kaya protein, dapat dibudidayakan dilahan sempit atau dipekarangan dan tentu banyak diminati masyarakat. Upaya pengembangan dalam budidaya terus dilakukan termasuk peningkatan dalam produksi benih. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada mitra dalam hal ini adalah siswa-siswi Jurusan Budidaya Perikanan, SMKN 1 Sebatik Barat terkait sistem pemijahan semi buatan (kawin suntik) dan pengkayaan pakan dengan tepung kunyit untuk mendukung peningkatan produksi dan kualitas benih lele. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan penyuluhan dengan ceramah, praktek langsung terkait teknik kawin suntik dengan hormon ovaprim dan pembuatan pakan yang diperkaya dengan tepung kunyit. Hasil kegiatan diperoleh adanya peningkatan pengetahuan mitra terkait manfaat kunyit dan peran penggunaan hormon dalam kegiatan pembenihan. Selain itu, mitra juga telah mampu untuk melakukan seleksi induk yang matang gonad, membuat pakan diperkaya tepung kunyit serta melakukan kawin suntik induk lele dengan hormon ovaprim secara tepat. Harapan tindak lanjut agar mitra dapat menerapkan teknik yang telah dipelajari untuk kegiatan pembenihan sehingga kelangkaan benih khususnya di Sebatik Barat dapat diatasi dan tidak lagi harus mendatangkan dari luar pulau

Referensi

Awaludin., Maulianawati, D., Rukisah., & Nursia. (2018). Peningkatan produksi petani budidaya lele di kelurahan mamburungan timur melalui pelatihan teknologi bioflok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(2):52-57.

Bayoub, K., Baibai, T., Mountassif , D., Retmane, A., & Soukri, A. (2010). Antibacterial activities of the crude ethanol extracts of medicinal plants against Listeria mpnpcytogenes and some other pathogenic strains. African Journal of Biotechnology, 9(27): 4251-4258.

Dewi, C.D., Ekastuti, D.R., Sudrajat, A.O., & Manalu, W. 2018. Improved vitellogenesis, gonad development and egg diameter in catfish (Pangasianodon hypophthalmus) supplemented with turmeric (Curcuma longa) powder. Aquac Res, 49:651–658.

Rawung, D. R. (2019). Studi Pengaruh Kombinasi Kurkumin dan Hormon Tiroksin Tehadap Penampilan Reproduksi Induk dan Pertumbuhan Larva Ikan Lele, [Tesis]. Institut Pertanian Bogor.

Sinjal, R. (2014). Efektifitas ovaprim terhadap lama waktu pemijahan, daya tetas telur dan sintasan larva ikan lele dumbo, Clarias gariepinus. Budidaya Perairan. 2(1): 14 – 21.

Sukendi (1995). Pengaruh Kombinasi Penyuntikan Ovaprim dan Prostaglandin F2α terhadap Daya rangsang Ovulasi dan Kualitas Telur Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus Burcheel), [Tesis]. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Sumiati, T., & Adnyana, I.K. (2010). Kunyit, Sikuning yang Penuh Manfaat.Copyriht by blog SmallCrab.com. akses tanggal 5 Agustus 2022.

Utiah, A. (2000). Pola Reproduksi Tahunan Ikan Jambal Siam (Pangasius hypothalamus) dalam Wadah Budidaya Bersumber Air Sungai dan Air Danau. [Tesis]. Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Kartina, K., Awaludin, A., Sanda Lembang, M. ., Nasra, N., . S, S., Zainuddin, Z., Nurasmi, N., Dyta Nugraeni, C. ., Gandri Haryono, M. ., & Alawiyah, T. . (2023). Pelatihan Pemijahan Ikan dengan Metode Kawin Suntik dan Pengkayaan Pakan dengan Tepung Kunyit di SMKN 1 Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 310-317. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1260

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama