Evaluasi UI/UX Website Pemesanan Tiket Wayang Orang Sriwedari Surakarta Berdasarkan Hasil Pengujian System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.58466/ptarkn56Kata Kunci:
usability testing, user experience, system usability scale, user experience questionnaire, website, pemesanan tiketAbstrak
Wayang Orang Sriwedari (WOS) merupakan salah satu ikon pertunjukan tradisional yang berasal dari Kota Surakarta. Pemesanan tiket yang sebelumnya belum tedigitalisasi dengan baik menimbulkan berbagai keluhan, seperti keterbatasan informasi dan kurangnya fleksibilitas bagi pengunjung dalam memilih kursi. Penelitian ini difokuskan pada pengujian rancangan antarmuka pengguna website pemesanan tiket Wayang Orang Sriwedari untuk menilai tingkat usability dan user experience secara kuantitatif. Evaluasi dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ) melalui kuesioner daring yang disebarkan menggunakan Google Form. Pengujian melibatkan 35 responden yang mewakili calon pengguna sistem. Hasil pengujian meunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 86.14 yang termasuk dalam grade “A+”. Pada pengujian UEQ, diperoleh skor positif dengan kategori “Excellent” pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi, serta kategori “Good” untuk aspek kebaruan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rancangan antarmuka website telah memenuhi kriteria usability yang sangat baik dan memberikan pengalaman pengguna yang positif, sehingga layak untuk diimplementasikan pada sistem pemesanan tiket Wayang Orang Sriwedari.
Referensi
T. Subianto, T. Astuti, and D. Arifudin, “User Interface Design of Banyumas Wayang Museum Introduction Using Design Thinking,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 7, no. 3, pp. 974–982, 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i3.40814.
P. Nuria, E. Septiana E.P, A. D. Safitri, and S. Solehatin, “Enhance the User Interface Design of the booking application at Rana Photo Studio by applying the User-Centered Design (UCD) method,” Ultim. InfoSys J. Ilmu Sist. Inf., vol. 15, no. 1, pp. 22–27, 2024, doi: 10.31937/si.v15i1.3463.
S. Supeni, A. Trisiana, and L. Al Hakim, “Developing the Preservation of the Wayang Orang Sriwedari Original Culture and Encouraging the Economy of the Art Culture Industry in Surakarta City,” J. Hunan Univ. Nat. Sci., vol. 50, no. 3, 2023, doi: 10.55463/issn.1674-2974.50.3.19.
D. Karlina and D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 580–596, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.
Nugroho, Doni Tri et al., “Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Usability dalam UI/UX terhadap Minat Beli Konsumen di Platform Shopee,” SISTEMASI J. Sist Inform., vol. 14, no. 2, pp. 687-701, 2025, doi: 10.32520/stmsi.v14i2
*ISO 9241-11:2018*, "Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts," International Organization for Standardization, Geneva, Switzerland, 2018. [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en.
Y. E. Achyani and A. R. Andini, “Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Self Photo Studio Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Tek. Komput., vol. 10, no. 1, pp. 86–94, 2024, doi: 10.31294/jtk.v10i1.17006.
G. S. Syaharani and W. Sulastri, “Pembuatan Desain UI/UX Dengan Metode Prototyping Pada Aplikasi Perpustakaan Pintar Di SMK Pasundan Rancaekek Menggunakan Tools Figma,” JIFOTECH (Journal Inf. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 250–260, Nov. 2024, doi: 10.46229/jifotech.v4i2.922.
I. Purwandani, N. O. Syamsiah, and S. Nurwahyuni, “Perceived Usability Evaluation of TikTok Shop Platform Using the System Usability Scale,” Sinkron, vol. 8, no. 10.33395/sinkron.v8i3.12473.
Y. Natrio, R. A. Malik, and R. Kasrin, “Uncovering user experience evaluation in nursing- english several platforms through sus and pssuq,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 4, pp. 2403–2417, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.6780.
K. Karina and D. Pibriana, “Penggunaan Metode User Experience Questionnaire Untuk Menganalisis Kualitas Pengalaman Pengguna Aplikasi Myindihome Mobile,” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 10–19, 2023, doi: 10.46880/jmika.vol7no1.pp10-19.
M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook v11,” pp. 1–16, 2023, [Online]. Available: www.ueq-online.org.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Febriana Nur Aini, Nur Widjiyati, Eko Pramono, Wiji Nurastuti, Rum Andri, Ahmad Sumiyanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


