Peningkatan Kinerja Taman Pendidikan Al-Quran Bina Qurani Dalam Pengelolaan Administrasi Akademik

Penulis

  • Ade Chandra Kusuma Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ningrum Astriawati Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Yudhanita Pertiwi Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Yudhi Setiyantara Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1190

Kata Kunci:

Administrasi Akademik, Kinerja, TPA

Abstrak

Tujuan PKM ini yaitu sebagai upaya meningkatan kinerja Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Bina Qurani dalam  pengelolaan administrasi akademik terkait pengelolaan pembelajaran TPA dalam hal pengelolaan administrasi pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), selain itu memberikan wawasan tentang pembuatan administrasi dalam pembelajaran TPA. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah dengan pelatihan  dengan  ceramah, tanya jawab dan pendampingan. teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi langsung, wawancara serta dokumentasi  di organisasi TPA Bina Qurani yang beralamat di dusun  Jetis Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta. Hasil PKM ini menghasilkan adanya peningkatan kinerja TPA Bina Qurani dengan menghasilkan RPP yang dijadikan panduan dalam memberikan pembelajaran Iqra dan Al Quran oleh ustazah atau guru TPA Bina Qurani.

Referensi

Anwar, H. (2017). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaaan Madrasah Aliyah Swasta. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 15–27.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa. Https://Doi. Org/10.29313/Jiff. V1i1, 2873.

Astriawati, N., & Pratama, W. (2017). Diagnosis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Teknik Scaffolding Pada Mata Kuliah Mekanika Terapan Di Prodi Teknika Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 15(24), 1–22.

Astriawati, N., Wibowo, W., & Pratama, W. (2019). Developing Mathematics Learning Materials Based On Co-Prol To Improve Cadets’ Learning Outcomes. Journal Of Physics: Conference Series. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1315/1/012059

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum. Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163

Hidayatulloh, A. A., Rahminawati, N., & Surbiantoro, E. (2018). Analisis Terhadap Manajemen Program Organisasi Remaja Aktivis Masjid Pusat Dakwah Islam Bandung.

Maksum, M. M. (2018). Implementasi Metode Al-Kariim Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Siswa Sdit Luqman Al Hakim Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).

Pertiwi, Y., Astriawati, N., Wibowo, W., & Kristianto, L. (2021). Moodle Virtual Class Effectivity Toward Cadets’ Learning Motivation And Speaking Ability. Ethical Lingua: Journal Of Language Teaching And Literature, 8(2), 378–383.

Priyadi, U. (2013). Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikanalquran Dengan Pembuatan Kurikulum Tpa. Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship, 2(01), 37–44.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. Https://Doi.Org/10.7454/Jki.V11i1.184

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Chandra Kusuma, A., Astriawati, . N. ., Pertiwi, Y., & Setiyantara, Y. . (2023). Peningkatan Kinerja Taman Pendidikan Al-Quran Bina Qurani Dalam Pengelolaan Administrasi Akademik. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 29-36. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1190

Terbitan

Bagian

Artikel