PENGARUH VARIASI JUMLAH PLAT ELEKTRODA PADA ELEKTROLIZER TERHADAP VOLUME DAN LAJU PRODUKSI GAS HHO (HIDROGEN-HIDROGEN-OKSIGEN)
Keywords:
Hydrogen Gas, Water Electrolysis, Electrode Plate Variations, Hydrogen Gas, Water Electrolysis, Electrode Plate VariationsAbstract
Energy is the initial driving source in the automotive field. Where in the automotive world there is renewable energy such as hydrogen gas. Hydrogen gas is a gas-shaped fuel that has the characteristics of colorless, tasteless, and odorless. Hydrogen gas can be produced by electrolysis of water (H2O). Where the electrolyte solution will be reacted using an electric current to produce hydrogen (H2) gas and oxygen gas (O). This study uses experimental research methods to determine the effect of variations in the number of electrode plates on the electrolizer on the volume and rate of HHO gas production using a measuring cup. The results showed that the effect of the variation in the number of electrode plates on the electrolyzer to the highest HHO gas volume occurred in the variation of 14 electrode plates with an increase of 33%. While for the highest gas production rate occurs in the variation of 14 electrode plates with an increase of 36%.
References
Fathani, Rijalul, Pengaruh Penggunaan Elektroliser Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Ketebalan Asap Pada Motor Diesel Daihatsu, Padang: Skripsi UNP, 2016.
Putra, Ifan Andrian, “Pengaruh Penambahan Gas Hasil Elektrolisa Air Terhadap Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Vario Techno”, http://ejournal.unp.ac.id/ students/index.php/poto/article/view/3428/2363, diakses 16 Agustus 2018, 2014.
Rovi, Pengaruh Penambahan Gas Hydroxy (HHO) Terhadap Torsi Dan Daya Sepeda Motor Yamaha Mio J Tahun 2013, Padang: Skripsi UNP, 2016.
Khairat, Khaznel, Pengaruh Penggunaan Gas Elektrolisa Air Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel, http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view /787/544, diakses 16 Agustus 2018, 2013.
Syukri, S, Kimia dasar 3, Bandung: ITB, 1999.
Barca, Albertus, Injeksi Gas Hidrogen Pada Sistem Pembakaran Di Sepeda Motor Dengan Konfigurasi Pitot Tube, Depok: Skripsi UI, 2012.
Ardiansyah, Bayu, “Studi Kimia Antarmuka Pada Reaksi Hidrogenasi dengan Katalis Ni/ Al2O3”, https://www.google.com/search?q=Studi+ Kimia+Antarmuka+Pada+Reaksi+ Hidrogenasi+dengan+Katalis+Ni%2F+Al2o3&ie=utf-8&oe=utf-8, diakses 21 Desember 2017, 2010.
Juniansyah, Saipul Rijal, Prototype Hydrogen Fuel Generator Dry Cell (Produksi Gas Hidrogen Ditinjau dari Variasi Konsentrasi Elektrolit Asam Klorida dengan Suplai Tegangan Listrik), Palembang: Skripsi Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, 2015.
Siregar, Umri Nahdi, Pengaruh Penambahan Ketebalan Gasket Pada Proses Elektrolisis Dry Cell Terhadap Produktifitas Hidrogen Dengan Pengaturan Kuat Arus dan KOH, Medan: Skripsi USU, 2014.
Keenan, Charles W, Donald C. Kleinfelter, & Jesse H. Wood, Ilmu Kimia untuk Universitas Edisi Keenam Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 1999.
Saragih, Sehat Abdi, Analisa Perbandingan Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Dengan Menggunakan Generator HHO Dry Cell Dan Tanpa Menggunakan Generator HHO Dry Cell, Pekanbaru: Jurnal UR, 2015.
Wardi, Azharul, Prototype Hydrogen Generator With Insulating Cotton (Pengaruh Variasi Konsentrasi Potassium Hydroxide Terhadap Produksi Gas Hidrogen), Palembang: Skripsi Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
Sinambela, Lijan Poltak, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.