Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Elaruna Dengan Metode Design Thinking
https://doi.org/10.58466/aicoms.v4i2.1825
Kata Kunci:
UI/UX, aplikasi wisata, Design Thinking, pariwisata digitalAbstrak
Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata berkat kekayaan budaya dan keindahan alamnya, namun masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan akses informasi yang terpadu dan terpercaya bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI/UX) aplikasi informasi wisata berbasis mobile yang mampu memberikan pengalaman akses informasi secara cepat, akurat, dan mudah digunakan. Metode yang digunakan adalah Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan berpusat pada pengguna untuk memastikan desain sesuai kebutuhan dan preferensi wisatawan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasa antarmuka aplikasi mudah digunakan, menarik secara visual, dan memiliki navigasi yang jelas, dengan 91,3% responden menyatakan navigasi aplikasi mudah dan 73,9% merasa aplikasi berjalan ringan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam menghasilkan solusi desain yang responsif terhadap kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan aplikasi pariwisata digital di Indonesia serta menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam pengembangan fitur dan integrasi teknologi informasi secara lebih luas.
Referensi
V. S. Kawatu, S. L. Mandey, D. A. Ch Lintong, F. Ekonomi dan Bisnis, and J. Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, “Pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Niat Kunjungan Ulang dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Tempat Wisata Bukit Kasih Kanonang,” vol. 8, no. 3, pp. 400–410, 2020.
A. A. Rif’an, “Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo Sebagai Alternatif Wisata Bahari Di Daerah Istimewa Yogyakarta,” JURNAL GEOGRAFI, vol. 10, no. 1, pp. 63–73, Jan. 2018, doi: 10.24114/jg.v10i1.7955.
N. K. Riani, “Pariwisata adalah Pisau Bermata 2,” Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), vol. 2, no. 5, pp. 1469–1474, Oct. 2021.
M. Firdaus, S. Wiyono, D. I. Af’idah, and M. F. Hidayattullah, “Aplikasi Pemandu Wisata Berbasis Android Untuk 10 Wisata Bali Baru,” Jurnal Informatika: Jurnal pengembangan IT (JPIT), vol. 9, no. 1, pp. 62–71, Jan. 2024.
J. Aolia, N. Y. S. Dewi, A. Agustina, Z. Ariani, N. F. Hidayanti, and N. Nur’aini, “Seminar Nasional Paedagoria Trasformasi Digital dalam Industri Pariwisata: Tantangan dan Peluang,” Seminar Nasional Paedagoria, vol. 4, no. 1, pp. 597–611, Aug. 2024.
I. N. Zahara Aliya and D. Ridwandono, “Transformasi Pariwisata Tuban melalui Aplikasi Tuban Tourism: Mengoptimalkan Potensi Wisata Berbasis Android,” JUSTIFY : Jurnal Sistem Informasi Ibrahimy, vol. 3, no. 1, pp. 46–54, Jul. 2024, doi: 10.35316/justify.v3i1.5225.
D. Darmanto, M. Martanto, and A. N. Zulfahmi, “Strategi Pemberdayaan Ekonomi Pelatihan Produksi Sirup dan Permen Buah Pedada, Pemasaran Online melalui Website, dan Pengembangan Paket Wisata untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, vol. 3, no. 2, pp. 684–690, 2023.
A. Heki and S. Alan, “Penerapan Design Thinking pada Media Komunikasi Visual,” vol. 2, no. 2, pp. 2581–0502, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa
R. F. Dam and T. Y. Siang, “What is Design Thinking and Why Is It So Popular?,” Interaction Design Foundation, pp. 1–8, Dec. 2021.
R. Fahrudin and R. Ilyasa, “Perancangan Aplikasi Nugas Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development,” Reza Ilyasa Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 8, no. 1, 2021.
R. Yulius, M. Fajri, A. Nasrullah, D. Karmila, S. Mochamad, and A. Alban, Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya. Jawa Tengah, 2022.
C. S. Surachman, M. Riyan Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in.”
M. dyarani and M. Son Muarie, “Perancangan Design Interface Mobile Apps Unggul Dompet Dhuafa Sumatera Selatan Menggunakan Metode Design Thinking,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 20–29, 2023, [Online]. Available: https://prosiding.seminars.id/prosainteks
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fellycia Caroline, Steffanie Angelica, Muhammad Fajar Ariansyah, Serenity Devina Suryanto, Muhammad Rizky Pribadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

