Analisis Kualitas Website Pesona Karanganyar Menggunakan Metode WebQual 4.0

Authors

  • Nova Tri Romadloni Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Pamela Hana Mulia Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Marcellina Nova Ellyanza Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Salma Nurul Iksani Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Ria Rianti Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Aderima Rahmawati Universitas Muhammadiyah Karanganyar
https://doi.org/10.58466/aicoms.v2i2.1263

Keywords:

Analisis, Kualitas, Reliability, Validity, WebQual, Website

Abstract

Website Pesona Karanganyar berfungsi sebagai layanan informasi untuk seluruh pengguna tanpa batasan. Website resmi Pesona Karanganyar menyediakan informasi lengkap mengenai destinasi pariwisata, acara, dan fasilitas yang tersedia. Website ini bertujuan memberikan pengalaman informatif dan interaktif kepada pengguna, memudahkan mereka untuk merencanakan perjalanan dan mengeksplorasi pesona Karanganyar. Untuk memberikan layanan yang baik terhadap calon pengunjung, maka perlu ditingkatkan kualitas Website dengan mengetahui kepuasan pengguna, sehingga diketahui permasalahan yang terjadi dan menjadi pertimbangan pengembangan selanjutnya. Dalam penelitian ini, kualitas dari Website Pesona Karanganyar diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0. Pengumpulan data dilakukan dengan survey menggunakan kuesioner melalui Google Form dengan pernyataan berdasarkan dimensi WebQual dan dengan total sebanyak 60 responden. Adapun prasyarat uji adalah dengan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menghitung skor dan rata-rata setiap indikator. Hasil analisis pengujian ini menunjukkan bahwa variabel usability, information quality dan interaction quality Website Pesona Karanganyar berkualitas. Hasil penelitian ini berimplikasi pada perlunya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar melakukan evaluasi terhadap pemeliharan dan pengembangan Website yang telah dibangun digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

References

S. Monalisa, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pengolahan Data Statistik Rutin (SISR) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model,” J. Sains, Teknol. dan Ind. ISSN 2407-0939, vol. 13, no. 2, pp. 181–189, 2016.

I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, p. 300, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

K. Hapsari and Y. Priyadi, “Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 7, no. 1, p. 66, 2017, doi: 10.21456/vol7iss1pp66-72.

J. Sinuraya, J. T. Komputer, I. Politeknik, and N. Medan, “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan),” J. Teknovasi, Nomor 02, vol. Volume 06, no. 2540–8389, pp. 51–59, 2019, [Online]. Available: www.polmed.ac.id

W. Abas, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),” Publ. Ilm. unwahas, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/viewFile/759/871

L. D. Oktaviana, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PMB Amikom Purwokerto Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2127–2136, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i3.1681.

Y. Suharto and E. Hariadi, “Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Manaj. dan Organ., vol. 12, no. 2, pp. 109–121, 2021, doi: 10.29244/jmo.v12i2.33917.

A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Perspekt., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.

O. G. Hekhmatyar and D. Supriyadi, “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI,” Indones. J. onComputer Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017.

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.

S. Syahidin and A. Jalil. M., “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Cabai Merah Di Kecamatan Rusip Antara Kabupaten Aceh Tengah,” Gajah Putih J. Econ. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 51–64, 2021, doi: 10.55542/gpjer.v3i2.163.

Published

2023-12-13

How to Cite

Tri Romadloni, N., Mulia, P. H. ., Ellyanza, M. N. ., Iksani, S. N. ., Rianti , R. ., & Rahmawati, A. . (2023). Analisis Kualitas Website Pesona Karanganyar Menggunakan Metode WebQual 4.0. Applied Information Technology and Computer Science, 2(2), 19-27. https://doi.org/10.58466/aicoms.v2i2.1263

Issue

Section

Artikel