Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas
Keywords:
: turn around, traffic characteristics, road service level, turn around, traffic characteristics, road service levelAbstract
Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jalan R. Suprapto Kabupaten Ketapang semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi, pesatnya tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan dan kepemilikan kendaraan, urbanisasi serta sistem angkutan umum yang kurang efisien. Hal ini berdampak pada turunnya tingkat kinerja ruas jalan, termasuk perilaku gerak U-Turn pada bukaan median jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lalu lintas, kapasitas jalan, tingkat pelayanan jalan (LOS), waktu rata-rata kendaraan melakukan U-Turn, panjang antrian dan alternatif yang akan di terapkan pada penelitian ini berdasarkan pedoman MKJI 1997. Dari hasil penelitian dan pembahasan di Jalan R. Suprapto didapatkan nilai karakteristik arus lalu lintas yang terdiri dari volume lalu lintas pada jam sibuk dari arah Jl. R. Suprapto – Jl. Gatot Subroto sebesar 513,8 smp/jam dan untuk arah Jl. Gatot Subroto – Jl. R. Suprapto sebesar 651,35 smp/jam. Kecepatan kendaraan sebesar 49,86 km/jam. Kerapatan lalu lintas untuk arah Jl. R. Suprapto – Jl. Gatot Subroto sebesar 10,24 smp/km dan untuk arah Jl. Gatot Subroto – Jl. R. Suprapto 13,1 smp/km. Kapasitas ruas jalan sebesar 5.422,3 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan jalan didapat nilai A
References
Rohani. 2010. Pengaruh Volume Lalu Lintas Lurus Terhadap Waktu U-Turn pada Ruas Jalan dengan Fasilitas Putar Balik Arah (U-Turn). Spektrum Sipil Universitas Mataram, Mataram.
Lalu, W, S. 2020. Kajian Efektifitas U-Turn pada Jalan Sriwijaya (Studi Kasus Depan Toko Niaga Kota Mataram. Universitas Muhammadiyah.
Maer, J., Lefrandt, L.I., & Timboeleng, J.A. 2019. Analisis Pengaruh U-Turn terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Robert Woltwr Monginsidi Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 7(12).
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2005. Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum RI.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekejaan Umum RI.