Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas

Authors

  • Sri Anggreni Politeknik Negeri Ketapang
  • Julyan Purnomo Politeknik Negeri Ketapang
  • Firmanillah Kamil Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v1i1.1355

Keywords:

: turn around, traffic characteristics, road service level, turn around, traffic characteristics, road service level

Abstract

Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jalan R. Suprapto Kabupaten Ketapang semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi, pesatnya tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan dan kepemilikan kendaraan, urbanisasi serta sistem angkutan umum yang kurang efisien. Hal ini berdampak pada turunnya tingkat kinerja ruas jalan, termasuk perilaku gerak U-Turn pada bukaan median jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lalu lintas, kapasitas jalan, tingkat pelayanan jalan (LOS), waktu rata-rata kendaraan melakukan U-Turn, panjang antrian dan alternatif yang akan di terapkan pada penelitian ini berdasarkan pedoman MKJI 1997. Dari hasil penelitian dan pembahasan di Jalan R. Suprapto didapatkan nilai karakteristik arus lalu lintas yang terdiri dari volume lalu lintas pada jam sibuk dari arah Jl. R. Suprapto – Jl. Gatot Subroto sebesar 513,8 smp/jam dan untuk arah Jl. Gatot Subroto – Jl. R. Suprapto sebesar 651,35 smp/jam. Kecepatan kendaraan sebesar 49,86 km/jam. Kerapatan lalu lintas untuk arah Jl. R. Suprapto – Jl. Gatot Subroto sebesar 10,24 smp/km dan untuk arah Jl. Gatot Subroto – Jl. R. Suprapto 13,1 smp/km. Kapasitas ruas jalan sebesar 5.422,3 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan jalan didapat nilai A

References

Rohani. 2010. Pengaruh Volume Lalu Lintas Lurus Terhadap Waktu U-Turn pada Ruas Jalan dengan Fasilitas Putar Balik Arah (U-Turn). Spektrum Sipil Universitas Mataram, Mataram.

Lalu, W, S. 2020. Kajian Efektifitas U-Turn pada Jalan Sriwijaya (Studi Kasus Depan Toko Niaga Kota Mataram. Universitas Muhammadiyah.

Maer, J., Lefrandt, L.I., & Timboeleng, J.A. 2019. Analisis Pengaruh U-Turn terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Robert Woltwr Monginsidi Kota Manado. Jurnal Sipil Statik, 7(12).

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2005. Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum RI.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Departemen Pekejaan Umum RI.

Published

2023-10-28

How to Cite

Anggreni, S. ., Purnomo, J., & Kamil, F. . (2023). Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas . Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 1(1), 15-25. https://doi.org/10.58466/rigid.v1i1.1355

Issue

Section

artikel