Strategi Pemberdayaan Masyarakat untuk Mengatasi Stunting dan Mewujudkan Generasi Unggul di Kabupaten Tanah Laut

Penulis

  • Bella Safira Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Jauharah Jauharah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Sri Maulida Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Ikrimah Ikrimah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • M. Qoshid Al Hadi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1460

Kata Kunci:

Generasi Unggul, Stunting, Pemberdayaan Masyarakat

Abstrak

Indonesia merupakan negara berkembang yang kejadian stuntingnya cukup tinggi. Dimana Kalimantan Selatan menempati posisi ke-5 tertinggi dari 20 provinsi yang ada di Indonesia dengan kejadian stunting mencapai 44,2% pada tahun sebelumnya. Ka-bupaten Tanah Laut secara keseluruhan menyumbang sekitar 24,6% kejadian stunting sehingga kondisi ini sangat dikhawatirkan oleh beberapa kalangan, dengan alasan terse-but Mahasiswa KKN Universitas Islam Kalimantan MAB turun langsung ke lapangan un-tuk melakukan penyuluhan tentang pencegahan stunting pada anak. Dilakukannya analisis deskriptif terhadap pengetahuan ibu yang telah mendapatkan penyuluhan dengan cara menanyakan secara langsung berupa wawancara tentang hal apa yang dapat mereka terapkan dalam pencegahan stunting berdasarkan penyampaian edukasi saat penyuluhan. Selain itu mendeskripsikan pengaruh hasil pemeriksaan tekanan darah ibu terhadap peluang terjadinya stunting akibat anemia atau-pun hipertensi pada anak. Hasil pemeriksaan tekanan darah di Dusun 2 di Handil Birayang Atas Kabupaten Tanah Laut menunjukkan risiko anemia pada ibu-ibu sebagai penyebab utama stunting di daerah ter-sebut. Pengetahuan tentang makanan bergizi menjadi faktor yang dapat memicu anemia dan berdampak pada kesehatan generasi berikutnya.

Referensi

Fitroh, S., & Oktavianingsih, E. (2020). Peran Parenting dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Ibu terhadap Stunting di Bangkalan Madura. Jurnal Obsesi, 610-619.

Hariyadi, D., Damanik, M., & Ekayanti, I. (2010). Analisis Hubungan Penerapan Pesan Gizi Seimbang Keluarga dan Perilaku Keluarga Sadar Gizi Dengan Status Gizi Balita Di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Gizi Dan Pangan, 61.

Jannah, M., Astri, P., & Vita , C. (2021). Hubungan Antara Kualitas & Kuantitas Riwayat Kunjungan Ante-natal Care ( ANC ) Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 24. Journal Of Issues In Midwifery.

Mitra, M. (2015). ermasalahan Anak Pendek (Stunting) dan Intervensi untuk Mencegah Terjadinya Stunting (Suatu Kajian Kepustakaan). Jurnal Kesehatan Komunitas, 254-261.

Nugraheni, N., & Malik, A. (2023). Peran Kader Posyandu Dalam Mencegah Kasus Stunting Di Kelurahan Ngijo. Lifelong Education Journal, 83-92.

Nuryamah, S., & Frianto, D. (2023). Pengecekkan Tekanan Darah Dan Informasi Kesehatan Kepada Lasia Di Desa Sumberjaya. Jurnal Pengabdian Mahasiswa.

Ramadhini, N., Sulastri, D., & Irfandy, D. (2019). Hubungan Antenatal Care terhadap Kejadian Stunting pada Balita Usia 0-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang Tahun 2019. Jurnal Keperawatan.

RISKESDES. (2023). Data Prevalensi Stunting. Dinas Kesehatan.

Ruwiah, Harleli, Sabilu, Y., Fithria, & Sueratman, N. (2021). Peran Pendidikan Gizi dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Simanjuntak, M., Yuliati, L., Rizkillah, R., & Maulidina, A. (2022). Pengaruh Inovasi Edukasi Gizi Masyarakat Berbasis Social Media Marketing terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku dalam Upaya Pencegahan Stunting. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 164-177.

Wibowo, N., Bardosono, S., Irwinda , R., Syafitri, I., Putri, A., & Prameswari, N. (2017). Penilaian Asupan Gizi Dan Status Mikronutrien Ibu Hamil Trimester Pertama. Journal Medication Indonesian.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-08

Cara Mengutip

Safira, B., Jauharah, J., Maulida, S. ., Ikrimah, I., & Qoshid Al Hadi, M. . (2024). Strategi Pemberdayaan Masyarakat untuk Mengatasi Stunting dan Mewujudkan Generasi Unggul di Kabupaten Tanah Laut. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 78-84. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1460

Terbitan

Bagian

Artikel