Diseminasi Teknologi Pembudidaya Ikan pada Kelompok Pembudidaya Ikan di Kelurahan Demang Lebar Daun
Kata Kunci:
Perikanan Pembudidaya Ikan Diseminasi TeknologAbstrak
Sektor perikanan menjadi urat nadi bagi masyarakat Sumatera Selatan. Ikan menjadi bahan baku utama khas daerah ini. Namun, ketersediaan di pasaran kurang stabil mengakibatkan harga yang fluktuatif cenderung tinggi. Permasalah utama yang menyebabkan kondisi ini terjadi di hulu yaitu pada proses pemberian pakan oleh pembudidaya ikan salah satunya adalah Kelompok Pembudidaya Ikan Macan Kumbang. Pada proses ini terjadi inefisiensi hingga 75%. Secara umum mitra saat ini belum diperkenalkan dengan bantuan teknologi. Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra,pemberian pakan ikan tidak tepat waktu,sering terjadi overfeeding,kualitas air kolam sulit diukur,belum ada pengelolaan limbah pembudidayaan ikan,mitra kesulitan dalam melakukan prediksi pengembalian modal dari pembudidayaan ikan. Sehingga dalam kegiatan ini bertujuan untuk membangun teknologi pembudidayaan ikan berbasis IoT yang terintegrasi dengan Urban Farming yang dapat memberikan nilai tambah bagi hasil pembudidayan ikan kelompok pembudidaya ikan Macan Kumbang. Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi,identifikasi kebutuhan,perancangan alat,pembuatan alat dengan proses assembly,pengujian operasi,pendampingan Operasional berbagai elemen,transfer teknologi melalui pelatihan.
Referensi
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. doi:10.1177/0013164485451012.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge.
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barber, M. & Mourshed, M. (2012). Profesional development international. New York, NY: Pearson.
Campbell, D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56(2), 81-105. doi:10.1037/h0046016.
Cramer, D. (2003) Advanced quantitative data analysis. London: McGraw-Hill Education.
Diranna, K., Osmundson, E., Topps, J., Barakos, L., Gearhart, M., Cerwin, K., …, Strang, C. (2008). Asessment-centered teaching (A reflective practice). London: Sage.
Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan bertanya guru IPA dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-12. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1111.
Feldt, L. S., & Brennan, R. (1989). Reliability. In R. L. Linn (Ed), Educational measurement (3rd ed.). New York, NY: Macmillan