ANALISIS KEBOCORAN SISTEM HIDROLIK PADA LANDING GEAR PESAWAT AIRBUS A330 SERIES MENGGUNAKAN METODE PDCA

Penulis

  • Yudhi Chandra Dwiaji Universitas Mercu Buana
  • Anta Sura Universitas Mercu Buana
https://doi.org/10.58466/injection.v1i2.1384

Kata Kunci:

Ultrasonik internal leakage, Flexible hose, Engineering order

Abstrak

Landing gear pesawat udara Airbus A330 menggunakan green hydraulic system yang saat ini masih ditemukan beberapa kebocoran yang mengakibatkan turunnya keselamatan penerbangan karena tenaga penggerak pada landing gear tidak berfungsi secara normal sehingga harus menggunakan sistem freefall pada saat melakukan pendaratan. Penelitian ini melakukan analisa terhadap kejadian yang menjadi penyebab bocornya sistem flexible hose, swivel valve serta pitch trimmer. Flexible hose dalam Aircraft’s Maintenance Manual tidak terdapat limitasi ketika terjadi rapture (pecah), sedangkan untuk swivel dan pitch trimmer masih terdapat limitasi sehingga penelitian lebih mengarah terhadap penyebab kebocoran pada flexible hose. Data keboboran sistem hidrolik diambil pada bulan Januari 2020 – Desember 2020 dengan total kasus sistem hidrolik bocor pada landing gear area sebanyak 49 kasus, dimana flexible hose memiliki tingkat kebocoran yang sangat tinggi jika dibandingkan kasus lainnya. Untuk mengidentifikasi penyebab kebocoran sistem hidrolik, penelitian ini menggunakan metode pengukuran tool ultrasonic internal leak dan hydraulic fluid analysis. Internal leak digunakan untuk mengetahui flow/aliran hidrolik sedangkan fluid analysis untuk mengetahui kontaminasi cairan fluida hidrolik. Dalam pengukuran internal leak memperoleh hasil satisfied sehingga diketahui bahwa laju flow/aliran bukan penyebab terjadinya kebocoran. Sedangkan dalam pengukuran fluid analysis, dari 10 registrasi terdapat 5 registrasi yang memperoleh hasil terkontaminasi partikel. Kemajuan perbaikan menggunakan metode PDCA diharapkan mampu mengurangi tingkat resiko kebocoran pada sistem hidrolik dengan membuat engineering order (EO).

Referensi

Andriani, A., & Romli, I. (2020). Preventive maintenance pada mesin die casting dengan age replacement model untuk peningkatan reliabilitas mesin. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 12(1), 1.

Jannifar, A., Yuniati, Y., & Muslem, M. (2016). Analisa partikel kontaminasi minyak hidrolik excavator hitachi pengusaha galian C di Aceh Utara. Jurnal POLIMESIN, 14(1), 7.

Lu, H., Iseley, T., Behbahani, S., & Fu, L. (2020). Leakage detection techniques for oil and gas pipelines: State-of-the-art. Tunnelling and Underground Space Technology, 98 (December 2019).

Mehmood, Z., Hameed, A., Javed, A., & Hussain, A. (2020). Analysis of premature failure of aircraft hydraulic pipes. Engineering Failure Analysis, 109(July 2019), 104356.

Mora, M. (2012). WARTA ARDHIA Telaahan Literatur Tentang Program Perawatan Pesawat Udara Literature Review On Aircraft Maintenance Program. Accident, 38(4), 356–372.

Prasmoro, A. V. (2020). Analisa sistem perawatan pada mesin las MIG dengan metode Failure Mode and Effect Analysis: Studi kasus di PT. TE. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 12(1), 13.

Radhila, A. (2013). Implementasi Warehouse Management Menggunakan Metode PDCA Studi Kasus Di CV. Innotech Solution - Malang. Jurnal Valtech, 1(1), 230–241. ejournal.itn.ac.id.

Sforza, P. (2014). Landing Gear Design. In Commercial Airplane Design Principles.

Wang, S., Tomovic, M., & Liu, H. (2016). Requirements for the Hydraulic System of a Flight Control System. In Commercial Aircraft Hydraulic Systems.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Dwiaji, Y. C., & Sura, A. (2021). ANALISIS KEBOCORAN SISTEM HIDROLIK PADA LANDING GEAR PESAWAT AIRBUS A330 SERIES MENGGUNAKAN METODE PDCA. Injection: Indonesian Journal of Vocational Mechanical Engineering, 1(2), 65-74. https://doi.org/10.58466/injection.v1i2.1384

Terbitan

Bagian

Artikel