Rancang Bangun Prototype Pemotong Rumput Berbasis Arduino Uno Dengan Kendali Smarphone Android

Penulis

  • Tria Novita Politeknik Negeri Ketapang
  • Yudi Chandra Politeknik Negeri Ketapang
  • Fachrul Rozie Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/entries.v3i1.1601

Abstrak

Menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi tanggung jawab dimulai dari pribadi masing-masing, tetapi dalam pemeliharaan nya memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang lebih banyak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype pemotong rumput berbasis arduino uno dengan kendali jarak jauh menggunakan smartphone android dengan koneksi Bluetooth untuk menghindari risiko kecelakaan yang dapat terjadi.  Pada proses rancang bangun prototype pemotong rumput berbaisis arduino uno dengan kendali smarphone android adalah identifikasi masalah, pengumpulan data, perancangan alat, pembuatan alat, uji coba, pembahasan dan kesimpulan. Pada proses rancang bangun prototype pemotong rumput berbaisis arduino uno dengan kendali smarphone android ini melakukan pemilihan komponen-komponen yang diperlukan, kemudian melakukan perhitungan komponen-komponen yang diperlukan. Setelah komponen-komponen diketahui tipe dan spesifikasi, selanjutnya baru dilakukan perhitungan pembuatan prototype pemotong rumput berbaisis arduino uno untuk mengetahui Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang direkomendasikan padam prototype pemotong rumput berbaisis arduino uno dengan kendali smarphone android.Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat beroperasi dengan baik, mampu mendeteksi, serta memberikan performa pemotongan rumput yang efektif dan modul bluetooth yang digunakan sebagai koneksi kontroler ini berfungsi dengan jarak kontrol 1 meter hingga 20 meter. Ukuran tinggi rumput yang dapat dipotong oleh prototype pemotong rumput 5 cm hingga 15 cm. Adapun hasil uji coba konsumsi baterai dalam 1 menit ketika prototype pemotong rumput beroperasi adalah 0,8 Volt, selanjutnya setelah digunakan selama 5 menit terjadi pengurangan tegangan baterai yang semula 15,05 Volt menjadi 11,05 Volt, artinya pengunaan 5 menit terjadi konsumsi arus sebesar 4 Volt dan sistem akan berhenti beroperasi ketika tegangan turun di bawah 12 V.

  Kata Kunci : Prototype, Pemotong Rumput, Arduino Uno, Smarphone Android, Bluetooth HC-06.

Referensi

Bellarmino Wira Permana, (2021) membuat alat dengan judul rancang bangun robot pemotong rumput berbasis arduino uno menggunakan smarphone android.

Dedi Irawan dan Endah Fitriani, (2021) membuat alat dengan judul rancang robot pemotong rumput berbasis arduino uno dengan sistem kendali aplikasi blynk.

M Khoironi Mualif Dwiyana, (2020) membuat alat dengan judul rancang bangun prototype alat pemotong rumput dengan sistem pengendali menggunakan android.

Christyan August Pambudi, (2017) membuat alat dengan judul dengan model robot pemotong rumput berbasis mikrokontroler

Azis Isrofi, Shoffin Nhwa Utama, dan Oddy Virgantara Putra, (2021) membuat alat yang berjudul rancang bangun robot pemotong rumput otomatis menggunakan wireless kontroler modul ESP32-CAM berbasis Internet of Things (IoT)

Yusman, Widdha Mellyssa, Salahuddin, Kharazzi Mukhlisin, dan Said Mualla, (2023) membuat alat dengan judul rancang bangun robot pemotong rumput secara otomatis dengan kontrol smartphone android berbasis arduino uno.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-01

Cara Mengutip

Novita, T., Chandra, Y., & Rozie, F. (2024). Rancang Bangun Prototype Pemotong Rumput Berbasis Arduino Uno Dengan Kendali Smarphone Android. Electrical Network Systems and Sources, 3(1), 43-47. https://doi.org/10.58466/entries.v3i1.1601